Menu

Tes Kolesterol-HDL Pada Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Wednesday, May 29, 2019

Tes Kolesterol-HDL Pada Penyakit Jantung Koroner (PJK). HDL disebut juga α-lipoprotein adalah lipoprotein terkecil yang berdiameter 8-11 nm, namun mempunyai berat jenis terbesar dengan inti lipid terkecil. Unsur lipid yang paling dominan dalam HDL ialah kolesterol dan fosfolipid. Komponen HDL adalah 20% kolesterol, <5% trigliserida, 30% fosfolipid dan 50% protein. 
Tes Kolesterol-HDL Pada Penyakit Jantung Koroner (PJK)

HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena HDL membawa kolesterol ‘jahat’, lipoprotein berdensitas rendah (low density lipoprotein), trigiliserida, dan lemak yang berbahaya dan mengembalikannya ke dalam hati untuk diproses. Saat HDL mencapai hati, hati akan mengurai LDL, mengubahnya menjadi empedu dan mengeluarkannya dari tubuh.

Pemeriksaan Kolesterol-HDL (Pre Analitik, Analitik dan Pasca Analitik)


Persiapan pasien : 
  • Puasa 10-12 jam termasuk menghentikan merokok dan olahraga tetapi diperbolehkan minum air putih. 
  • Tidak mendapat obat yang mempengaruhi kadar lipid dalam 2 minggu terakhir.
  • Pasien dalam keadaan stabil, tidak ada perubahan berat badan, pola makan, kebiasaan merokok, minum kopi dan alkohol dalam 2 minggu terakhir sebelum dites. 
  • Pasien tidak sedang mengalami stres oleh penyakit akut. 
Persiapan sampel ;
  • Waktu pengambilan sampel darah pasien dalam posisi duduk yang sudah dilakukan selama 5 menit.
  • Pada saat pengambilan darah, pemasangan torniquet sebaiknya tidak lebih 1 menit. 
  • Serum sebaiknya dipisahkan dari sel darah merah sesegera mungkin. Sampel sebaiknya segera dites, tidak disimpan atau tidak dibekukan.
  • Bila sampel darah terlihat ikterus, hemolisis sebaiknya diulang karena dapat terjadi peningkatan palsu pada hasil tes.

Prinsip Pemeriksaan Kolesterol-HDL :

Dengan pemberian phophotungstic acid dan ion magnesium ke dalam sampel, maka kilomikron, VLDL dan LDL mengendap (presipitasi). 

Serum + HDL separating reagent ----> sentrifuse ----> HDL Fraksi (supernatan) + kilomikron, VLDL, LDL fraksi (presipitasi)

setelah disentrifus dalam supernatan hanya terdapat HDL yang kadar kolesterolnya ditentukan dengan metode kolorimetrik enzimatik seperti tes kolesterol-total. 

Alat dan Bahan :
Alat : 
         a. Pipet mikro
         b. Tabung mikro
         c. Rak tabung
         d. Rak sampel
         e. Alat automatik Cobas Mira (R)

Bahan : 
1. Sampel serum, plasma (EDTA)
2. Reagen presipitasi 
    Phosphotungstic acid : 1,4 mmol/l
    Magnesium chloride   : 8,6 mmol/l


Cara Kerja Pada Pemeriksaan Kolesterol-HDL: 

  1. Sampel serum sebanyak 250 ul dimasukkan dalam tabung reaksi kemudian ditambahkan reagen presipitasi 100 ul, diinkubasi selama 10 menit pada suhu 20-25C.
  2. Selanjutnya disentrifus selama 5 menit untuk mendapatkan supernatan yang jernih.
  3. Supernatan yang jernih dipakai untuk tes koleterol-HDL seperti tes kolesterol-total pada alat automatik Cobas Mira (R).
  4. Hasil tes kolesterol-HDL akan keluar melalui print out. 

Nilai rujukkan hasil pemeriksaan Kolesterol HDL :
  • Laki-laki : 35-55 mg/dL
  • Perempuan : 45-64 mg/dL

Interpretasi hasil laboratorium pemeriksaan Kolesterol-HDL :

Diwaspadai terjadinya PJK : 36-44 mg/dL
Resiko terjadinya PJK : = 35 mg/dL
Setiap penurunan 4 mg%HDL, resiko terjadi PJK akan meningkat 10%. 

Sumber :
  1. Hallosehat. 2019. Kolesterol Hdl. [online]. Tersedia : https://hellosehat.com/kesehatan/tes-kesehatan/kolesterol-hdl/. (29 Mei 2019). 
  2. Hardjoeno, dkk. 2003. Interpretasi Hasil Tes Laboratorium Diagnostik. Lephas : Makassar.
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *