Pemeriksaan Elektrolit Serum Metode ISE (Ion Selective Electrode)

Pemeriksaan kadar natrium, kalium, dan klorida dengan metode elektroda ion selektif (Ion Selective Electrode/ISE) adalah yang paling sering digunakan. Data dari College of American Pathologists (CAP) pada 5400 laboratorium yang memeriksa natrium dan kalium, lebih dari 99% menggunakan metode ISE. Metode ISE mempunyai akurasi yang baik, koefisien variasi kurang dari 1,5%, kalibrator dapat dipercaya dan mempunyai program pemantapan mutu yang baik. ISE ada dua macam yaitu ISE direk dan ISE indirek. ISE direk memeriksa secara langsung pada sampel plasma, Serum dan darah utuh. Metode inilah yang umumnya digunakan pada laboratorium gawat darurat. Metode ISE indirek yang diberkembang lebih dulu dalam sejarah teknologi ISE, yaitu memeriksa sampel yang sudah diencerkan (Feriwati, I. Yasrwir, R. 2012)
pemeriksaan elektrolit,pemeriksaan elektrolit darah,pemeriksaan elektrolit pdf,pemeriksaan elektrolit darah adalah,pemeriksaan elektrolit menggunakan tabung apa,pemeriksaan elektrolit prodia,pemeriksaan elektrolit na k cl,pemeriksaan elektrolit urin,pemeriksaan elektrolit untuk apa,pemeriksaan elektrolit metode ise,pemeriksaan elektrolit baterai,pemeriksaan elektrolit serum,pemeriksaan elektrolit pada darah,pemeriksaan elektrolit tubuh,pemeriksaan elektrolit dalam darah,pemeriksaan elektrolit darah ppt,pemeriksaan elektrolit klorida,pemeriksaan elektrolit lengkap,pemeriksaan elektrolit meliputi,pemeriksaan elektrolit kalsium,pemeriksaan elektrolit apa saja,pemeriksaan elektrolit adalah,pemeriksaan elektrolit analyzer,fungsi pemeriksaan elektrolit adalah,prinsip pemeriksaan elektrolit analyzer,pemeriksaan elektrolit untuk penyakit apa,alat pemeriksaan elektrolit,alat pemeriksaan elektrolit darah,antikoagulan pemeriksaan elektrolit,prosedur pemeriksaan elektrolit baterai,biaya pemeriksaan elektrolit,cara pemeriksaan cairan elektrolit baterai
Pemeriksaan Elektrolit Serum Metode ISE

Prinsip Pengukuran Elektrolit Serum Metode ISE (Ion Selective Electrode)

Pada dasarnya alat yang menggunakan metode ISE untuk menghitung kadar ion sampel dengan membandingkan kadar ion yang tidak diketahui nilainya dengan kadar ion yang diketahui nilainya. Membran ion selektif pada alat mengalami reaksi dengan elektrolit sampel. Membran merupakan penukar ion, bereaksi terhadap perubahan listrik ion sehingga menyebabkan perubahan potensial membran. (Feriwati, I. Yasrwir, R. 2012).

Alat dan Bahan
Alat
- Cup serum
- Tabung reaksi
- Pipet automatik
- Sentrifugator
- Rak tabung reaksi
- Elektrolit analizer

Bahan
-Darah
- Serum
- Reagen 14598 Calibrator Pack Nova Biomedical

Preparasi Sampel

- Dimasukkan darah yang diambil tadi kedalam sentrifugator.
- Disentrifuse darah selama 3 menit dengan kecepatan 4000 rpm sampai terpisah antara serum, buffycoat (sel darah putih), dan plasma pada sampel tersebut.

Pemeriksaan Kadar Elektrolit 

  • Hidupkan alat
  • Pipet serum ke cup serum 
  • Masukkan kode pasien
  • Aspirasikan spesimen terhadap alat Elektrolit Analyzer
  • Hasil analisa berupa print out.

Interpretasi Hasil Pemeriksaan Elektrolit

Nilai Normal :
1. Natrium (Na+) : 135 – 145 mEq/L
2. Kalium (K+) : 3,5 – 5,3 mEq/L
3. Klorida (Cl‾) : 100 – 106 mEq/L

Sumber :
  • Barus, Nuraini. 2017. Pemeriksaan Elektrolit pada Serum Darah Menggunakan Elektrolit Analizer. Universitas Sumatra utara ; Medan.
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.