Kode Etik Profesi Laboratorium Medik

Infolabmed. Selanjutnya, mari kita melangkah ke materi berikutnya yang cukup penting untuk Anda pahami dan laksanakan saat Anda bekerja di laboratorium medik. Etika bekerja di laboratorium adalah sekumpulan sikap dan perilaku yang menjadi ciri tenaga laboratorium medik yang bertanggung jawab dan diperlukan untuk memastikan bahwa seseorang bekerja sesuai dengan tingkat standar yang diakui

laboratorium medik,teknologi laboratorium medik,laboratorium medika,pengantar laboratorium medik,pengertian laboratorium medik,laboratorium klinik,laboratorium klinik pramita,laboratorium klinik prodia,laboratorium klinik cito,laboratorium klinik kimia farma,laboratorium klinik westerindo,laboratorium klinik prodia kota depok jawa barat,laboratorium klinik thamrin,laboratorium klinik adalah,laboratorium klinik bandung,laboratorium klinik di surabaya,laboratorium klinik jakarta timur,laboratorium klinik jakarta selatan,laboratorium klinik di bekasi,laboratorium klinik jakarta barat,laboratorium klinik di bandung,laboratorium klinik di malang,laboratorium klinik di semarang,laboratorium klinik di solo,laboratorium klinik jm kabupaten sidoarjo jawa timur,laboratorium klinik biolisa,laboratorium klinik jakarta,laboratorium klinik tangerang,loker laboratorium klinik,laboratorium klinik biomedika,laboratorium klinik biotest,laboratorium klinik ganesha,laboratorium klinik ibl,loker laboratorium klinik pramita,laboratorium klinik gunung sahari
Infolabmed

Secara profesional, etika profesi dapat meningkatkan motivasi serta mengingatkan kita bahwa profesi laboratorium medis terutama ditujukan untuk melayani orang sakit dan promosi perawatan kesehatan yang baik. 

Etika profesi tenaga ahli laboratorium pada dasarnya berhubungan erat dengan etika terhadap pasien dan keluarganya serta etika terhadap rekan sejawat. Selain itu, etika juga harus ditegakkan terkait dengan alat, reagen dan prosedur kerja.

Berikut adalah kode etik profesi laboratorium medik yang perlu Anda pelajari dan Anda laksnakan sebagai ATLM: 

Etika terhadap pasien dan keluarga, serta sejawat

  • Tempatkan kesejahteraan dan pelayanan orang sakit di atas kepentingan Anda sendiri
  • Jangan mengungkapkan hasil pemeriksaan kepada pasien atau orang yang tidak berwenang.
  • Bersikap simpatik dan berilah perhatian pada orang sakit dan keluarganya
  • Perlakukan hasil pemeriksaan dan informasi pasien Anda dengan kerahasiaan yang ketat.
  • Menghormati rekan kerja dan bekerja secara harmonis

Etika terhadap profesi ATLM saat bekerja di laboratorium

  1. Jadilah loyal terhadap profesi laboratorium medis Anda dengan mempertahankan standar kerja yang tinggi dan dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan profesional Anda.
  2. Bekerja secara ilmiah dan dengan penuh kejujuran.
  3. Jangan menyalahgunakan keahlian atau pengetahuan profesional Anda untuk keuntungan pribadi.
  4. Jangan pernah mengambil sesuatu dari tempat kerja yang bukan milik Anda.
  5. Mempromosikan perawatan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit.
  6. Ikuti tindakan pencegahan dan ketahui bagaimana menerapkan pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium.
  7. Jangan mengkonsumsi alkohol atau bahan peledak lainnya selama jam kerja atau saat dalam keadaan siaga darurat.
  8. Gunakan peralatan dan bahan di laboratorium dengan benar dan hati-hati.
  9.  Jangan membuang reagen atau perlengkapan laboratorium lainnya sembarangan.

Kode etik di atas adalah beberapa sikap dan perilaku yang wajib Anda pahami dan laksanakan saat bekerja di laboratorium. Pada prakteknya, butir-butir tersebut dapat bertambah, disesuaikan dengan kondisi yang ada di masing-masing laboratorium tetapi tidak boleh dikurangi atau dihilangkan.

Sumber : 
  1. Mardiana & Rahayu, Ira Gustiara. (2017). Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medis ; Pengantar Laboratorium Medik. Hal : 21-22. BPPSDMKes : Jakarta.
PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com
Baca juga :

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.