Pemeriksaan Hemoglobin (Metode Sianmethemoglobin)


Hemoglobin (Hb) adalah molekul didalam eritrosit dan bertugas untuk mengangkut oksigen. Kualitas darah dan warna merah pada darah ditentukan oleh kadar hemoglobin. Penurunan Hb terjadi pada penderita anemia, penyakit ginjal, pemberian cairan intra-vena (infus) yang berlebihan, dan pengaruh obat - obatan (aspirin, antineoplastik, indometasin). Peningkatan Hb terjadi pada pasien dehidrasi, penyakit paru, gagal jantung kongesif, luka bakar, dan pengaruh obat - obatan (metildopa, gentamicin).


Metode : Sianmethemoglobin.

Prinsip
Hemoglobin (Fe2+) akan dioksidasi oleh Kalium Feri Sianida (Kalium Hexa Sianoferat) menjadi methemoglobin (hemiglobin/Fe3+). Hemiglobin dengan Kalium Sianida akan membentuk pigmen warna yang stabil (Hemiglobin Sianida) yang memberikan absorbansi maksimum pada panjang gelombang 540 nm. Absorbansi ini sebanding dengan kadar hemoglobin yang diperiksa.

Tujuan
Untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah.

Alat dan Bahan :
  • Tabung reaksi
  • Mikropipet
  • Darah EDTA
  • Reagen drabkins

Prosedur 
  1. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Masukkan 5 ml larutan Drabkins ke dalam tabung reaksi.
  3. Tambahkan 20 µL darah, bilas pipet beberapa kali dengan larutan Drabkins sampai bersih (sedot sembur), kovok sampai kedua bahan tercampur homogen. 
  4. Inkubasi pada suhu kamar selama 3 -5 menit.
  5. Dibaca pada panjang gelombang 540 nm.

Interpretasi Hasil :
Kadar Hb = Absorbansi sampel x 36.8 (ketetapan kurva standar HCN)

Nilai Rujukkan Hemoglobin metode Sianmethemoglobin) :
Laki - laki     : 14 - 18 g/dL.
Perempuan    : 12 - 16 g/dL.
Anak - anak  : 10 - 15 g/dL
Bayi baru lahir : 14 - 24 g/dL.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments