Pemeriksaan Hematokrit (Metode Mikrohematokrit) | Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik


Hematokri merupakan volume eritrosit dalam 100 ml darah yang dinyatakan dalam persen. Hematokrit menunjukkan persentase zat padat dengan jumlah cairan darah. Semakin tinggi persentase hematokrit maka darah akan semakin kental. Hal ini terjadi karena adanya perembesan (kebocoran) cairan keluar dari pembuluh darah sementara jumlah zat padat tetap, maka darah akan menjadi lebih kental.


Penurunan heamtokrit terjadi pada pasien yang mengalami kehilangan darah akut, anemia, leukemia, gagal ginjal kronik, malnutrisi, kekurangan vit B dan C, dan kehamilan. Sedangkan peningkatan hematokrit terjadi pada dehidrasi, diare berat, efek pembedahan dan luka bakar.

Metode : Mikrohematokrit

Prinsip 
Darah ditambah antikoagulan disentrifuge, maka sel eritrosit akan terpisah dari plasmanya, tingginya kolom eritrosit adalah nilai hematokrit.

Tujuan
Untuk mengetahui kadar hematokrit dalam darah.

Alat dan Bahan 
  • Tabung kapiler
  • Mikrosentrifuge
  • Creatosol
  • Reading device

Prosedur 
  1. Diisi tabung kapiler dengan darah yang langsung mengalir, sampi kira - kira 2/3 tabung.
  2. Disumbat salah satu ujung kapiler dengan creatosol.
  3. Diletakkan tabung dalam lekukan radier sentrifuge mikrohematokrit dengan ujung yang tertutup creatosol jauh dari pusat centrifuge.
  4. Sentrifuge dengan kecepatan antara 11.000 - 15.000 rpm selama 5 menit.
  5. Keluarkan tabung kapiler, kemudian baca dengan reading device.


Interpretasi Hasil 
  • Laki - Laki : 42 - 52 %
  • Perempuan : 37 - 47 %
  • Anak - Anak : 30 - 40 %
Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.



DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments