Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Hematologi Dasar | Mengenal Jenis Sel Darah - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik

Posted by On 5:32 AM


Pemeriksaan hematologi adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan darah dan komponen-komponennya. Darah terdiri dari bagian padat yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit dan bagian cairan yang berwarna kekuningan yang disebut plasma. Pemeriksaan hematologi rutin dapat menentukan kualitas kesehatan.(Hi lab, 2016)

Pemeriksaan pada hematologi dasar meliputi pemeriksaan hemoglobin, sel darah putih, sel darah merah, platelet (trombosit), hematokrit, dan hitung jenis leukosit.


Pemeriksaan hematologi dasar ini pernah dimuat di weblog infolabmed sebelumnya dengan judul Hematologi Rutin (Complete Blood Count) dan Pemeriksaan Hematologi Lengkap. Namun demikian, pemeriksaan Hematologi di setiap institusi baik itu klinik ataupun rumah sakit, "istilah" Hematologi Rutin ini bisa berbeda - beda. Istilah Hematologi Rutin dan atau Hematologi Lengkap bisa saja berbeda- beda. Kami akan memberikan contoh untuk penggunaan "istilah" ini pada sebuah klinik atau rumah sakit di daerah tertentu, mungkin juga klinik atau rumah sakit yang ada di lingkunngan Anda berada.

Pernah Kami menemukan, kebijakan lain di sebuah Rumah Sakit Swasta, Hematologi Rutinnya mencakup pemeriksaan LED. Mungkin ini yang dikatakan sebagai "Kebijakan" dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Karena, setiap institusi memiliki kelebihan nya masing - masing dan kebijakan yang berbeda - beda tergantung kemampuan institusi nya itu sendiri.

Pemeriksaan hematologi dasar dapat memberikan informasi mengenai kondisi hematologik dan sistem tubuh yang lain sebagai diagnosis, prognosis, respon terapi, dan masa pemulihan. Hematologi rutin terdiri dari pemeriksaan hemoglobin, leukosit, trombosit, eritrosit, hematokrit, dan nilai-nilai MC.

  1. HEMOGLOBIN
  2. LEUKOSIT (SEL DARAH PUTIH)  
  3. TROMBOSIT (PLATELET)
  4. ERITROSIT (SEL DARAH MERAH)
  5. HEMATOKRIT
  6. NILAI - NILAI MC    
Demikianlah informasi pemeriksaan Hematologi Dasar | mengenal jenis sel darah yang dapat kami muat di web ini, semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan Anda dalam bidang hematologi.

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber :
Infolabmed. (2017). Hematologi | Pengertian dan Pemeriksaannya - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik. [online]. Tersedia ; http://www.infolabmed.com/2017/03/hematologi-pengertian-dan.html. (11 maret 2017). 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »