-->
Menu

Ribonucleic Acid (RNA)

Saturday, December 25, 2021

Asam nukleat selain DNA adalah RNA. Jadi RNA juga merupakan rangkaian mononukleotida. DNA maupun RNA dapat diisolasi di laboratorium pula. Perbedaan komponen penyusunnya, strukturnya, dan macamnya apabila dibandingkan dengan DNA dapat ditunjukkan pada Tabel 3.1.

Tabel 3.1. Persamaan dan perbedaan komponen dan struktur antara DNA dan RNA serta macamnya

Struktur RNA berbeda dengan DNA, DNA strukturnya double strand atau double heliks. RNA juga dapat diisolasi di laboratorium, namun kondisinya berbeda dengan DNA, RNA mudah terdegradasi oleh enzym RNAse yang banyak terdapat di kulit kita dan di lingkungan. Sehingga untuk isolasi RNA lebih hati-hati apabila dibandingkan dengan isolasi DNA. Ada tiga macam RNA yang fungsinya berbeda-beda, namun saling berubungan dalam proses sintesis protein. Gambaran hubungan ketiga macam RNA dapat Anda lihat pada Gambar 3.14

Gambar 3.14. Hubungan antara mRNA, tRNA dan Ribosom yang disusun oleh rRNA (Coady 2010)

Ketiga macam RNA tersebut adalah mRNA, rRNA, dan tRNA, tRNA membawa antikodon yang berpasangan dengan kodon yang ada pada mRNA, serta fungsi tRNA untuk mentransfer asam amino yang ada di sitoplasma ke mRNA yang terdapat pada Ribosom. Bagaimanakah bentuk tRNA, dimanakah letak kodonnya, dan pada bagian manakah asam amino dibawanya dapat anda lihat pada Gambar 3.15.

Gambar 3.15. Struktur tRNA dengan antikodon, serta bagian akhir dari rangkaian nukleotida terdapat CCA (Cytosin, Cytosin, Adenin) sebagai tempat perlekatan asam amino yang ditransfer ke mRNA (Coady 2010)

Gambar 3.16. Proses sintesis protein yang dikode oleh gen PAH (Hartl & Jones 2001)

Dari Gambar 3.16, dapatkah Anda menjelaskan komponen penyusun dari DNA, serta struktunya. Kemudian sebutkan pula macam-macam ikatan yang ada pada DNA. Selain itu dapatkah Anda menjelaskan perbedaan struktur antara RNA dan DNA. Coba jelaskan pula fungsi dari tRNA pada proses tersebut, UAC yang ada pada gambar tersebut berfungsi sebagai apa. Tuliskan jawaban Anda pada kotak di bawah ini, bila anda mengalami kesulitan, Anda dapat mempelajari kembali uraian di atas.


Resume RNA 

Ribonucleic Acid (RNA) adalah salah satu dari asam nukleat, yang merupakan polimer dari ribonukleotida. Setiap satu molekul ribonukleotida tersusun dari satu basa nitrogen, satu gula pentosa (ribosa) dan satu gugus phosphat. Basa nitrogen yang menyusun RNA adalah Adenin (A), Guanin (G), Citosin (C) dan Urasil (U). Ribonukleotida satu dengan ribonukleotida yang lain dihubungkan oleh ikatan phospodiester. Ikatan phospodiester terbentuk antara gugus OH pada atom C3 gula Ribosa dari ribonukleotida satu dengan gugus phospat pada atom C5 pada gula Ribosa dari ribonukleotida yang lain.



RNA tersusun singgle strand, ada 3 macam yaitu mRNA yang berada di dalam inti sel, kemudian dikeluarkan melalui membran inti dan bergabung pada ribosom, tRNA yang berada di dalam sitoplasma yang fungsinya mentransfer asam amino yang berasal dari  sitoplasma ke mRNA yang ada pada ribosom dan rRNA sebagai penyusun ribosom. tRNA  mambawa antikodon, yang komplementer dengan kodon yang ada pada mRNA, dan pada bagian ujungnya yang membawa asam amino dari sitoplasma yang akan dibawa ke mRNA.


Sumber :
Darmawati, S. 2017. Konsep Biologi Sel,Biologi Molekuler dan Penggolongan Sel. BPPSDMKes ; Jakarta


Baca juga : 
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape