-->
Menu

Wuchereria bancrofti (Filaria bancrofti / Bancrofts Filaria) | Morfologi, Gejala Klinis, Patogenesis

Saturday, July 11, 2020

Wuchereria bancrofti (Filaria bancrofti / Bancrofts Filaria) | Morfologi, Gejala Klinis, Patogenesis.  Cacing filaria merupakan nematoda yang hidup di dalam jaringan subkutan dan sistem limfatik. Tiga spesies filaria yang menimbulkan infeksi pada manusia ; Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori, merupakan penyebab infeksi filaria yang serius.

Wuchereria bancrofti (Filaria bancrofti Bancrofts Filaria) Morfologi, Gejala Klinis, Patogenesis

Filariasis adalah suatu infeksi sistemik yang disebabkan oleh cacing filaria yang yang cacing dewasanya hidup dalam saluran limfe dan kelenjar limfe manusia dan ditularkan oleh serangga secara biologik. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan akan menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki.

Wuchereria bancrofti (Filaria bancrofti / Bancrofts Filaria)
  • Penyakit : Filariasis bancrofti, Wuchereriasis, Elphantiasis
  • Disrtibusi Geografis : Parasit ini tersebar di daerah tropis dan subtropis, ke Utara sampai ke Spanyol, ke Selatan sampai ke Australia, Afrika, Asia, Jepang, Taiwan, philiphina, Indonesia dan Kepulauan Pasifik Selatan
  • Habitat : Bentuk dewasa ditemukan di saluran dan kelenjar lymphe manusia
  • Vector : Nyamuk (Culex, Aedes, Anopheles)
Morfologi Wuchereria bancrofti (Filaria bancrofti / Bancrofts Filaria)
Sumber : IndonesiaMedicalLaboratory
  • Cacing dewasa : berbentuk memanjang seperti rambut (hair like), warna transparans, bentuk filariform dengan ujung meruncing sedikit demi sedikit. Cacing jantan dan betina didapatkan saling melingkar di dalam habitatnya dan sukar untuk dilepaskan
  • Jantan :  Ukuran 25-40 X 0,1 mm, bagian posterior melengkung ke ventral dan mempunyai spiculae
  • Betina : Ukuran 80-100 X 0,25 mm
  • Life span : kurang lebih 5-10 tahun

Ciri Khas dari Wuchereria bancrofti sbb :
  • Ukuran kurang lebih 290 X 6 mikron
  • Terbungkus oleh suatu selaput hialin (hyaline sheath), tetapi pada pengecatan dengan Giemsa sheath ini jarang nampak dan hanya nampak pada pengecatan yang pekat
  • Curva tubuhnya halus dan tak mempunyai lekukan tubuh sekunder (secondary klink negatif)
  • Tubuhnya terisi oleh body nuclei yang tersebar merata, nampak seolah-olah teratur
  • Pada ujung anterior terdapat bagian yang bebas dari body nuclei, disebut cephalic space yang ukuran panjangnya kurang lebih sama dengan lebarnya (Cephalic space ratio 1 : 1)
  • Ujung posterior tidak mengandung body nuclei (Terminal nuclei negatif)

Cara infeksi Wuchereria bancrofti
  • Melalui inokulasi (gigitan) nyamuk betina. (Culex, Aedes, Anopheles) di India dan China : Culex fatigans, di Kepulauan pasific : Anopheles punctulatus
  • Bentuk infektif untuk manusia, larva stadium III
  • Portal of entry : Kulit

Pathogenesis Wuchereria bancrofti
Effect pathogen yang nampak pada Wuchereria dapat disebabkan oleh bentuk dewasa baik yang hidup maupun mati. Bentuk dewasa atau larva yang sedang tumbuh dapat menyebabkan kelainan berupa reaksi inflamasi dan sistem lympatic. Sedangkan bentuk mikrofilarianya yang hidup didalam darah belum diketahui apakah menghasilkan product-product yang bersifat pathogen, kecuali pada accult filariasis.

Gejala Klinis Wuchereria bancrofti
Karena Filariasis bancrofti dapat berlangsung selama beberapa tahun maka dapat terjadi gambaran klinis yang berbeda beda. Reaksi pada manusia terhadap infeksi filaria berbeda dan beraneka ragam. Akibat infeksi yang disebabkan oleh filaria maka dapat diklasifikasi sbb :
  1. Bentuk dengan Peradangan Merupakan fenomena alergi karena kepekaan terhadap bahan-bahan metabolit yang berasal dari larva yang sedang tumbuh dari cacing betina yang melahirkan mikrofilaria atau cacing dewasa yang hidup dan yang mati
  2. Bentuk penyumbatan (Filariasis dengan penyumbatan) Penyumbatan dapat terjadi akibat perubahan dinding dan proliferasi edothel saluran lymphe karena proses peradangan.
  3. Bentuk tanpa gejala (Filariasis tanpa gejala) Pada pemeriksaan tubuh tampak mikrofilaria dalam jumlah besar dan adanya eosinofil. Pada waktu cacing dewasa mati, mikrofilaria menghilang tanpa penderita menyadari akan adanya infeksi.
Diagnosa Filariasis ditegakkan berdasarkan : Pemeriksaan Laboratorium dengan melakukan pemeriksaan darah yang diambil pada waktu malam (terutama untuk yang bersifat xacternal periodicyty)

Terapi Obat-obat Filarisida yang dapat dipakai :
  1. Diethyl Carbamazin (Hetrazan) terutama untuk mikrofilarianya, dosis dan cara pemberiannya masih bervariasi, untuk mengurangi efek samping (sakit kepala, pusing, demam, mausea) pemberian obat dimulai dari dosis rendah, kemudian ditingkatkan secara bertahap.
  2. Surami Corticoseroid : untuk mengurangi efek allergie
  3. Antibiotika : dapat dipakai pada limfangitis rekurens yang disebabkan oleh infeksi sekunder
  4. Operas
Pencegahan Wuchereria bancrofti di daerah endemis meliputi : pemebrantasan nyamuk dan mengobati penderita yang merupakan sumber infeksi. Perlindungan manusia dengan menutup ruangan dengan kawat kasa, memakai kelambu atau repelent.

Sumber
  • Supenah. P. Buku Ajar Parasiologi III. 2017. Akademi Analis Kesehatan An Nasher Cirebon

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :
  1. Paederus sp. (Tomcat) | Klasifikasi, Morfologi, Gejala klinis, dan Habitat
  2. Identifikasi Jamur Penyebab Mikosis Superfisial
  3. Kenali Manfaat dan Gejala Jamur Enokitake Yang Diduga Mengandung Bakteri Listeria.
  4. Pemeriksaan Vibrio cholera | Penuntun Praktikum
  5. Patogenitas dan Gejala Klinis Pediculus Humanus Capitis
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *