-->
Menu

Cara Pengepakan & Pengiriman Spesimen COVID-19

Monday, July 20, 2020

Cara Pengepakan & Pengiriman Spesimen COVID-19. Spesimen dimasukkan kedalam plastik klip yang didalamnya sudah terdapat absorbannya yang mudah didapatkan adalah tisu. Setelah spesimen siap, perlu langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan pengepakan terhadap spesimen COVID-19 ini. 

Cara Pengepakan & Pengiriman Spesimen COVID-19

Pengepakan dan Pengiriman Pada Pemeriksaan rtPCR COVID-19

Spesimen disimpan pada suhu 2-8 derajat celcius, jaga terus rantai dinginnya. Setelah spesimen diambil jaga selalu suhunya. Mindset sebagai ATLM seluruh material yang berasal dari manusia baik itu dari usap mata, telinga, dan sebagainya adalah infeksius yang mengandung sutu jasad renik yang dapat menginfeksi kita maupun lingkungan sehingga perlu dijaga rantai dinginnya dan disimpan pada suhu dengan tepat. 

Label Box Pengirim dan Tanggal Kirim. Pada Box pengirim harus benar-benar diberikan label, tidak dibenarkan kosong saja. Berikan label dari dinas mana dan tanggal berapa dikirimnya spesimen tersebut. 

Setelah spesimen disimpan pada suhu 2-8 derajat celcius yang penting diperhatikan adalah ice packnya wajib beku. Jika spesimen dikirim dalam waktu 24 jam menggunakan 4-5 ice pack. Tetapi jika spesimen dikirim sampai dengan 3 hari lamanya sampai di laboratorium pemeriksaan COVID-19, maka yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan dry ice

Pengiriman Spesimen COVID-19


pengiriman sampel covid19 triple packing standart

Pada pengiriman spesimen COVID-19 yang harus diperhatikan kita melakukannya menggunakan Triple Packing Standart yang merupakan acuan dari regulasi yang seharusnya yang terdiri dari Primary receptacle, Secondary receptacle, dan Outer Container

pengepakan sampel pemeriksaan COVID19

Namun, alternatif lain dalam proses pengiriman spesimen COVID-19 ini dapat di ganti dengan memenuhi kriteria syarat-syarat sampel yang baik ketika akan dilakukan proses pemeriksaan. Pada pengepakan seperti ini, primary  adalah pot sputum dan botol VTM/cryo tube, selanjutnya adalah plastik klip pertama. Untuk pasien yang diambil dua kali swab, maka dibutuhkan dua VTM/cryo tube yang dimasukkan ke masing-masing plastik klip dan diberi tanda, masing-masing plastik klip tersebut kemudian di masukkan ke dalam satu plastik klip besar dan hal tersebut dianggap sebagai secondary receptaclenya. Sedangkan untuk outer-nya digunakan spesimen cerrier box atau bisa juga diganti dengan menggunakan sterefoam .  

Untuk menjaga suhunya tetap 2-8 derajat celcius dibutuhkan 4-5 ice pack seperti yang terlihat pada gambar. Setelah ditambahkan ice pack, kemudian tutup bagian atas menggunakan tutup spon supaya suhu dinginnya tidak dapat keluar. Karena bagian atas merupakan bagian yang rentan sekali dengan papaparan panas. 

Setelah selesai pengepakan pada sampel pemeriksaan COVID-19, pastikan formulir permintaan pemeriksaannya sudah di isi dengan benar dan juga surat pengantar yang terdiri dari beberapa ringkasan nama pasien yang dikirim oleh petugas yang melaksanakan pengiriman spesimen ke laboratorium pemeriksaan COVID-19. 

Video Penatalaksanaan Pengambilan Pengepakan & Pengiriman Spesimen COVID 19


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *