-->
Menu

Povidone Iodine Terbukti Bunuh 99,99% Virus Penyebab COVID-19

Monday, July 13, 2020

Povidone Iodine Terbukti Bunuh 99,99% Virus Penyebab COVID-19. Angka infeksi COVID-19 terus merangkak naik, satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular COVID-19 adalah dengan menegakkan protokol kesehatan. Selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak selalu menjadi kewajiban setiap orang. 

Povidone Iodine Terbukti Bunuh 99,99% Virus Penyebab COVID-19

Tenaga kesehatan yang setiap hari melakukan kontak langsung dan berinteraksi dengan pasien positif COVID-19 juga tak luput dari kewajiban untuk menjaga diri dari penularan virus SARS-CoV-2. Namun, mematuhi protokol kesehatan dan mengenakan APD saja saat ini tidak cukup. Agar tidak tertular COVID-19, masyarakat juga diminta untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat atau PHBS agar imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik.

penelitian laboratorium yang dilakukan DUKE Nation University Singapore menjadi kabar baik ditengah pandemi COVID-19. Study invitro menunjukkan kandungan antiseptik Povidone iodine yang ada pada produk cairan pencuci mulut dan pereda tenggorokan mampu membunuh 99,99% virus SARS-CoV-2. 

"Penggunaan Povidone Iodine untuk penanganan virus misalnya Ebola sudah cukup kuat bahkan WHO juga menyarankan demikian untuk NAKES kami berikan3-4x1 hari terutama pada NAKES layanan primer di tempat kami selain dengan APD, dengan semua protokol kesehatan juga kita bantu dengan pemakaian Povidone Iodine baik yang gargle baik yang semprot hidung dari biotakrtinin" menurut Rustamaji, Pakar Farmakologi FK KMK UGM.

Povidone Iodine pernah di uji coba untuk menangani SARS dan MERS, hasilnya Povidone Iodine memiliki aktivitas antivirus terhadap SARS dan MERS. Dalam diskusi para ahli kesehatan menganjurkan masyarakat untuk menjaga kebersihan kesehatan rongga mulut dan pernafasan.

drg. Rahmi Amtha, Satgas COVID-19 PB PDGI mengatakan, "PVP-I mampu membunuh virus dibandingkan antiseptik yang even dalam gold standar dunia untuk moutwash pun PVP-I untuk SARS-CoV ini memang lebih tinggi kemampuannya".

Pasien COVID-19, praktisi yang menjalankan prosedur penanganan COVID-19, serta orang yang berada di zona merah COVID-19 memerlukan berkumur dengan zat aktif Povidone Iodine. sebab, virus COVID-19 menyebar diudara dan bisa masuk kedalam mulut dan saluran pernafasan seseorang. Temuan terbaru ini diharapkan dapat membantu memberikan perlindungan ekstra kepada masyarakat dalam konteks pecegahan khususnya untuk tenaga kesehatan yang beresiko tinggi terpapar infeksi COVID-19. (Sumber : CNN Indonesia)

DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *