Macam-Macam Pemeriksaan Laboratorium LCS (Liquour Cerebrospinalis) Atau CSS (Cairan Serebro Spinal)

Table of Contents
Macam-Macam Pemeriksaan Laboratorium LCS  (Liquour Cerebrospinalis) Atau CSS (Cairan Serebro Spinal). LCS (Liquour Cerebrospinalis) atau CSS (Cairan Serebro Spinal) adalah cairan otak yang diambil melalui lumbal punksi cairan otak tidak boleh dipandang sama dengan cairan yang terjadi oleh proses ultrafiltrasi saja dari plasma darah. Di samping filtrasi, faktor sekresi dari plexus choriodeus turut berpengaruh. Karena itu cairan otak bukanlah transudat belaka. Akan tetapi seperti transudat, susunan cairan otak juga selalu dipengaruhi oleh konsentrasi beberapa macam zat dalam plasma darah.

Macam-Macam Pemeriksaan Laboratorium LCS  (Liquour Cerebrospinalis) Atau CSS (Cairan Serebro Spinal)

Pengambilan cairan otak itu dilakukan dengan maksud diagnostik atau untuk melakukan tindakan terapi. Kelainan dalam hasil pemeriksaan dapat memberi petunjuk kearah suatu penyakit susunan saraf pusat, baik yang mendadak maupun yang menahun dan berguna pula setelah terjadi trauma. 

Pemeriksaan terhadap LCS  (Liquour Cerebrospinalis) Atau CSS (Cairan Serebro Spinal) terdiri atas :

a. Pemeriksaan Rutin
  • Makroskopis
  • Mikroskopis
  • Kimia
  • Bakteriologi

b. Pemeriksaan Fisik
  • Tekanan

c. Pemeriksaan Khusus
  • Elektroforesa Protein
  • Imunoelektroforesa
  • Serologi
  • Imunoglobulin

Demikian Macam-Macam Pemeriksaan Laboratorium LCS  (Liquour Cerebrospinalis) Atau CSS (Cairan Serebro Spinal). Untuk prosedur pemeriksaan akan kita ulas pada materi berikutnya. Terimakasih sudah mengunjungi web kami, semoga Anda menemukan informasi yang Anda dapatkan. Salam ATLM. 

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com
Baca juga :
Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.