Total Pageviews

Check Page Rank

Supaya Tidak Berbahaya, Begini Cara Memperlakukan Nasi Yang Baik

Posted by On 6:07 AM



Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia, dan kadangkala kita tidak akan pernah bisa kenyang jika belum memakan nasi. Itulah alasannya kenapa setiap rumah pasti akan memasak banyak nasi apalagi jika dalam satu keluarga terdiri banyak anggota keluarga. Namun bagaimana jika nasi tersebut tersisa? Kita sepakat bahwa nasi yang sisa itu sayang untuk dibuang, dan pada akhirnya nasi akan dihangatkan kembali uuntuk dimakan.



Tapi tahukah bahwa menghangatkan nasi harus berhati-hati, karena menghangatkan nasi sisa bisa berbahaya dan beracun menurut National Health Service (NHS). Menghangatkan nasi harus memperhatikan bagaimana cara menyimpan nasi pertama kali setelah matang.

Nasi yang belum matang (masih jadi beras), mengandung semacam spora bernama Bacillus cereus, bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan, dan bakteri ini bahkan bisa tetap bertahan setelah nasi matang. Jika nasi yang telah matang dibiarkan dalam suhu ruangan, spora ini bisa tumbuh sebagai bakteri, bakteri ini akan dengan cepat membelah diri dan memproduksi racun yang menyebabkan mual, muntah hingga diare.

Semakin lama nasi yang sudah matang dibiarkan di tempat bersuhu ruangan, semakin besar kemungkinan bakteri tersebut untuk berkembang, dan membuat nasi tak aman untuk dimakan. Lalu bagaimana caranya menyimpan nasi yang aman sehingga tidak menjadi beracun?

NHS menyarankan, nasi yang baru matang akan lebih baik jika segera disajikan dan dimakan selagi hangat. Jika terlalu panas, bisa diangin-anginkan, tapi harus langsung dimakan. Jika masak banyak, nasi tetap disimpan di rice cooker saja, jangan dibiarkan dingin di suhu ruangan.

Kalau pun nasi dibiarkan dingin di suhu ruangan dan ingin menghangatkan lagi, pastikan nasi dimasak dengan suhu panas tinggi sehingga bakteri mati, misalnya dijadikan nasi goreng. Namun perlu diingat, untuk tidak lagi menghangatkan nasi yang sudah dihangatkan. Nasi cukup sekali saja dihangatkan. 


Baca juga :

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
 Sumber : Vemale



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »