Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Nanotis | Inovasi Dunia Kedokteran Medik

Posted by On 8:45 AM


Semakin canggihnya teknologi, smartphone atau ponsel pintar kini dapat dimanfaatkan untuk diagnosis suatu penyakit. Salah satu yang mendukung diagnosis melalui smartphone adalah Nanotis. Alat diagnosis asal Jepang ini diciptakan khusus untuk mengetahui adanya virus influenza yang menyebabkan sakit flu.

CEO Nanotis Lisa Sakashita menjelaskan, pasien hanya perlu menempatkan lendir atau air liur pada sebuah chip mikofluida di alat  Nanotis. Kemudian, ambil gambar dari chip menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan aplikasi untuk membaca hasilnya.

Cara Penggunaan Nanotis ;
  1. Tempatkan Air liur / darah, dan sebagainya pada nanotis
  2. Mengkonfigurasi dengan Smartphone
  3. Diagnosa hasil dalam 1 menit. (Strip dipakai satu kali)
Nanotis merupakan salah satu pemenang Bayer Grants4Apps tahun lalu. Nantinya diharapkan ada teknologi serupa untuk deteksi virus zika, Norovirus, hingga HIV sehingga membantu mengatasi penyakit menular.

Nanotis juga ingin memperluas teknologi untuk penyakit lain seperti kanker, campak, hingga demam berdarah.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber :
  1. Nanotis. Nanotechnology for Our Life. Web : http://nanotis.net/nanotis-2/
  2. Tribun Style. (2017). Tak Perlu ke Dokter, Aplikasi di Smartphone Ini Bisa Deteksi Adanya Virus Influenza. [Online]. Tersedia ; http://style.tribunnews.com/2017/03/24/tak-perlu-ke-dokter-aplikasi-di-smartphone-ini-bisa-deteksi-adanya-virus-influenza. (27 maret 2017)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »