Mahasiswa IPB Menciptakan Formula Untuk Menyembuhkan Penderita TBC


Total persoalan penyakit Tuberculosis (TBC) di Indonesia sampai tahun 2013 meraih sekira 800.000-900.000 kasus. Anak-anak dan remaja menyumbang kandungan yang memadai besar terhadap penderita TBC di Indonesia.  

Hal ini pasti menjadi persoalan besar untuk Indonesia karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak lebih berasal dari 30 negara, terhitung negara-negara maju, untuk mengenali bahaya kelanjutan berasal dari penyakit TBC dan diminta bersama dengan memberantasnya pada 2050.



Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) sudah melakukan penelitian mengenai peran susu kambing didalam menangani penyakit TBC. Mereka adalah Agung Yudhistiwa, Ajeng Agustianty, dan Dyastuti Puspita.  

Menurut mereka, terhadap susu kambing terkandung banyak kandungan fluorine, mineral, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, dan mangan. Bahkan kandungan fluorine yang terkandung terhadap susu kambing berkisar 10 sampai 100 kali lebih besar dibandingkan susu sapi.

Kandungan fluorine ini berguna sebagai antiseptik alami dan bisa menghimpit pembiakan bakteri di di dalam tubuh. Selain itu untuk menambah kandungan gizi susu berikut wajib tersedia formulasi supaya penyembuhan TBC bisa dilaksanakan secara optimal.  

"Susu kambing dapat diformulasikan dengan tepung kacang merah dengan media campurannya pakai yoghurt. Jika udah diformulasikan maka minuman tadi jadi minuman sinbiotik yaitu gabungan probiotik dan prebiotik," ujar Agung, baru-baru ini.

Susu kambing yang difermentasi buatan dengan memakai bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococcus cerevisiae menyatakan kekuatan untuk mencegah perkembangan bakteri Mycobacterium tuberculosis.  

Oleh sebab itu kekuatan tahan tubuh pasien penderita TBC bisa ditingkatkan sehingga akan mempercepat penyembuhan. Formulasi susu kambing yang telah difermentasi dengan tepung kacang merah mempunyai kandungan takaran protein dan kekuatan yang tinggi sehingga akan membentuk sel lebih cepat gara-gara biasanya bakteri akan terus menyerang tubuh.

"Formulasi susu kambing yang telah difermentasi dengan tepung kacang merah mempunyai kandungan takaran gizi yang cukup baik yakni 240 kkal energi, 11.2 gram protein, 4.8 gram lemak, serta 39.1 gram karbohidrat yang bisa mempercepat penyembuhan TBC," tutupnya.  



DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments