Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Ancaman Masa Depan Umat Manusia, Kebalnya Bakteri Terhadap Antibiotik

Posted by On 5:40 PM


Siapa yang akan mengancam umat manusia pada masa yang akan datang? Alienkah?. Ternyata yang mengancam masa depan umat manusia adalah Bakteri, mikroorganisme yang ada disekitar kita. Mereka ini dinamai 'superbug' karena memiliki daya tahan terhadap berbagai obat dan antibiotik. Maka dari itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis peringatan akan bahaya bakteri kelompok superbug ini terhadap kelangsungan hidup manusia, beberapa waktu lalu. 



Bakteri yang tahan terhadap antibiotik merupakan bakteri patogen. tingkat patogen ini diklasifikasikan sebagai bakteri paling berbahaya dalam kelompok bakteri yang tidak mempan terhadap antibiotik. Jika Kita terinfeksi oleh bakteri superbug, maka ancamannya adalah kematian dan nyaris tidak ada obat untuk mencegahnya.

Ketiga bakteri yang telah di rilis WHO tercatat resistan terhadap kelompok antibiotik yang disebut carbapenems. Ini adalah kelompok “pengobatan terakhir”, di mana kalau ia gagal, nyaris tak ada pilihan pengobatan lainnya.

Sejauh ini, penelitian dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa. Tapi bukan berarti tak ada kekhawatiran pada daerah lain seperti Asia dan Afrika, bahwa bakteri ini pun sudah menyebar ke seluruh dunia.

Ketiga bakteri yang sangat berbahaya itu, seperti dilansir oleh Livescience, mengutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), adalah:

Acinetobacter baumannii
Bakteri ini penyebab pneumonia, infeksi darah serius, dan kondisi lain. Bakteri ini terdapat pada pasien yang ada di rumah sakit dan menyebar dari kontak manusia ke manusia atau manusia dengan apapun yang terkontaminasi. Ia sangat berbahaya bagi pasien yang mengalami masalah kekebalan tubuh atau penyakit kronis.

Pseudomonas aeruginosa
Infeksi bakteri ini kebanyakan terjadi di rumah sakit dan membahayakan nyawa penderitanya. Pasien bisa terinfeksi dari alat pernafasan, kateter, atau luka operasi.

Tapi bakteri ini juga ditemukan di hot tub dan kolam renang. Bakteri ini sangat berbahaya bagi mereka yang memeiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah.

Enterobacteriaceae
Menurut CDC, infeksi bakteri ini sangat mungkin terjadi di rumah sakit dan tempat perawatan jangka panjang. Ia sangat membahayakan nyawa mereka yang rendah kekebalan tubuhnya.

Bakteri ini tersebar lewat kontak manusia-manusia, atau lewat peralatan medis. Seperti ventilator.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »