Total Pageviews

Check Page Rank

Faktor - Faktor Penyulit Pada Flebotomi (Kondisi Pasien Dalam Pengobatan) - Seri Flebotomi Dasar

Posted by On 6:47 AM



Pada artikel Faktor - Faktor Penyulit Pada Flebotomi sudah disebutkan tentang faktor penyulit pada tindakan flebotomi. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, yang di sadur dari blog dr. olfie speech pathology [Mayor Ckm(K) dr.Olfie SpPK, MKes]. Telah kita fahami bahwa ada berbagai faktor dalam tindakan flebotomi, selain produk darah yang harus dijaga baik agar didapatkan hasil pengujian yang memuaskan. 

Perlu adanya tindakan secara khusus dalam penangan sampel sebagai tahap pre-analitik untuk menjaga hasil laboratorium yang bermutu. Faktor penyulit dalam flebotomi kali ini yaitu pada kondisi pasien dalam pengobatan. 



Pasien dalam pengobatan khusus, meliputi  :
A. Antikoagulan :
Pasien yang mempunyai masalah pembekuan atau sedang dalam pengobatan dengan antikoagulan berisiko untuk terjadinya hematoma atau perdarahan pada saat pengambilan darah. Pastikan untuk memberikan tekanan yang adekuat pada tempat pengambilan darah setelah pengambilan sampai darahnya berhenti. Jangan terlalu kuat menekan karena akan menyebabkan memar atau luka (Mc Call & Tankersley, 2007)
B.  Kemoterapi :
Pada pasien-pasien kanker, hemofilia dan lain-lain biasanya vena menjadi sklerosis dan rapuh akibat seringnya pengambilan darah untuk pemeriksaan dan proses transfusi. Vena yang sklerosis dan rapuh mudah bergeser dan kolaps. Karena itu sebaiknya gunakan wing needle atau jarum yang kecil pada saat pengambilan darah.


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga : 
Sumber :
  1. Info Laboratorium Medik. 2017. Apa itu Flebotomi?. Diakses tanggal 2 Maret 2017. Link ;http://www.infolabmed.com/2016/03/apa-itu-flebotomi.html
  2. dr. olfie speech pathology. 2017. Penyulit Flebotomi. Diakses tanggal 2 Maret 2017. Link ; http://pathologyclinical.blogspot.co.id/2015/11/penyulit-flebotomi.html


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »