Studi : Pemberian Antibiotik pada Anak Picu Penyakit Autoimun - Seri Informasi Teknologi Laboratorium Medik


Pemakaian antibiotik terkadang diperlukan dalam pengobatan terhadap infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Namun, antibiotik juga diketahui dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh.

Gangguan ini terutama pada usus yang merupakan rumah bagi triliunan bakteri yang berperan penting dalam kesehatan, antibiotik ini dapat menyebabkan kerusakan serius.  



Bakteri baik yang terdapat pada saluran pencernaan sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, otak dan sistem kekebalan tubuh, dan berbagai sistem lain didalam tubuh. Antibiotik tidak hanya menargetkan dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh, tapi juga dapat membunuh ratusan bakteri baik yang terdapat didalamnya.

Sebuah studi yang dilakukan di Monash University menemukan bahwa penggunaan antibiotik di masa kanak-kanak menghambat pertumbuhan normal dan perkembangan bakteri usus. Hal ini pada waktunya akan mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh pada anak.

Hal ini berpotensi dapat menyebabkan penyakit peradangan seperti multiple sclerosis, sindrom usus inflamasi dan asma di masa dewasa.

Sel T CDC4 diketahui memainkan peran penting dalam respons peradangan. Disfungsi dalam sel-sel ini terlibat dalam respon imun over-active yang pada akhirnya mengarah pada pengembangan kondisi peradangan krois seperti Crohn, lupus, multiple sclerosis, dan penyakit autoimun lainnya.

Temuan ini juga sekaligus menemukan gagasan bahwa bakteri usus terutama yang baik dapat menjadi cara penting untuk mengobati penyakit inflamasi atau peradangan.

Mengubah gaya hidup tertentu seperti menganut pola makan sehat, mengelola tingkat stres dan olahraga secara teratur dapat menyehatkan usus dan berdampak pada sistem kekebalan tubuh serta kesehatan secara menyeluruh.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber : 
  1. Metro Tv News. 2017. Studi : Pemberian Antibiotik pada Anak Picu Penyakit Autoimun. [Online]. Tersedia ; http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/aNrwWaab-studi-pemberian-antibiotik-pada-anak-picu-penyakit-autoimun. (11 April 2017).

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments