Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Pemeriksaan Viskositas Darah (Serum) - Seri Pemeriksaan Laboratorium Klinik

Posted by On 3:53 AM


Viskositas (Kekentalan) darah dapat mempengaruhi kemudahan aliran darah melewati pembuluh darah yang kecil. Hiperviskositas dimanifesitasikan dengan perdarahan oronasal, penglihatan kabur, sakit kepala, pusing, nystagmus, tuli, diplopia, ataksia, parestesia, atau gagal jantung kongestif. pemeriksaan funduskopi menyatakan adanya pelebaran pembuluh darah retina dan pendarahan retina berupa nyala api .

Penyebab paling umum dari hyperviscosity serum adalah adanya konsentrasi besar IgM protein monoklonal, dan menyumbang macroglobulinemia Waldenstrom untuk 80% sampai 90% pada kasus hiperviskositas. Sindrom hiperviskositas juga bisa terjadi pada beberapa pasien myeloma.



Karena kemampuan protein monoklonal menyebabkan hiperviskositas dipengaruhi oleh konsentrasi, berat molekul, dan agregasi, sera dengan konsentrasi monoklonal IgM> 4 g / dL, IgA> 5 g / dL, atau IgG> 6 g / dL harus diuji untuk hiperviskositas.

Viskositas serum dan elektroforesis yang dianjurkan sebelum dan sesudah plasmapheresis untuk mengkorelasikan viskositas dan melonjakkan gejala pasien. Korelasi ini mungkin berguna untuk mengantisipasi kebutuhan untuk mengulang pemeriksaan plasmapheresis.

Tujuan
  • Deteksi meningkatnya viskositas darah.
  • Memonitoring pasien dengan sindrom hiperviskositas.
Nama Pelaporan
Viscosity, S

Persiapan Spesimen
Wadah / Tabung : Tutup tabung berwarna merah
Volume spesimen :  1.5 mL (Miminal 0.65 mL)
Instruksi pengumpulan : Jaga spesimen pada suhu 37 derajat C, sampai setelah dilakukan sentrifugasi dan pemisahan sel. 

Nilai Rujukkan
> Atau = 16 tahun : <atau = 1,5 centipoises
Nilai referensi belum ditetapkan untuk pasien yang <16 tahun.

Interpretasi
Meskipun hasil uji didapat nilai viskositas > 1,5 centipoises (cP) yang berarti tidak normal, tetapi hiperviskositas tidak selalu terjadi kecuali nilai viskositas > 3 cP.

Perhatian
  • Tes ini tidak disarankan pada pasien dengan konsentrasi kecil protein monoklonal.
  • Sindrom hiperviskositas mungkin tidak nampak bahkan jika viskositas> 3 centipoises.

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga :
Sumber :
  1. Infolabmed. 2017. Viskositas Darah Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya | Seri Edukasi Ahli Teknologi Laboratorium Medik. Diakses tanggal 3 Maret 2017. Link ; http://www.infolabmed.com/2016/07/viskositas-darah-dan-faktor-faktor-yang.html
  2. Mayo Clinic. 2017. Test ID: VISCS Viscosity, Serum.  Diakses tanggal 3 Maret 2017. Link ;http://www.mayomedicallaboratories.com/test-catalog/search.php?search=viskositas



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »