Estimasi Hitung Jumlah Trombosit pada Sediaan Apus Darah Tepi Metode Barbara A. Brown

 

Estimasi Hitung Jumlah Trombosit pada Sediaan Apus Darah Tepi Metode Barbara A. Brown

INFOLABMED.COM - Trombosit adalah sel darah yang sangat kecil yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah. 

Trombosit diproduksi di sumsum tulang dan memiliki bentuk seperti cakram kecil. Trombosit dihitung dengan menggunakan metode apusan darah tepi.

Pemeriksaan trombosit adalah tes yang dilakukan untuk menghitung jumlah trombosit dalam darah. 

Pemeriksaan trombosit ini penting untuk mendiagnosis dan memantau berbagai kondisi kesehatan, seperti trombositopenia (jumlah trombosit yang rendah) dan trombositosis (jumlah trombosit yang tinggi).

Estimasi jumlah trombosit pada sediaan apus darah tepi dapat dilakukan dengan menggunakan metode Barbara A. Brown (1976). 

Metode ini menggunakan prinsip menghitung jumlah trombosit dalam 5-10 lapang pandang pembesaran objektif 100x, pada zona V dimana eritrosit tersusun bebas atau sedikit overlapping. 

Rata-rata yang diperoleh dikalikan dengan 0.02/L untuk mendapatkan jumlah trombosit secara estimasi.

Estimasi hitung jumlah trombosit pada sediaan apus darah tepi adalah metode yang sederhana dan mudah dilakukan. 

Metode ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memantau berbagai kondisi kesehatan, seperti trombositopenia dan trombositosis. 

Trombosit adalah sel darah yang sangat kecil yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Jumlah trombosit dalam darah normal adalah 150.000-450.000 trombosit/┬ÁL.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan estimasi jumlah trombosit pada sediaan apus darah tepi menggunakan metode Barbara A. Brown:

  • Siapkan sediaan apus darah tepi yang telah diwarnai dengan pewarna Giemsa.
  • Gunakan mikroskop untuk mengamati sediaan apus darah tepi.
  • Cari lapang pandang yang mengandung trombosit.
  • Hitung jumlah trombosit dalam 5-10 lapang pandang.
  • Hitung rata-rata jumlah trombosit per lapang pandang.
  • Kalikan rata-rata jumlah trombosit per lapang pandang dengan 0.02/L untuk mendapatkan jumlah trombosit secara estimasi.

Hasil estimasi jumlah trombosit dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memantau berbagai kondisi kesehatan, seperti trombositopenia dan trombositosis.

Estimasi jumlah trombosit pada sediaan apus darah tepi adalah metode yang sederhana dan mudah dilakukan. 

Metode ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memantau berbagai kondisi kesehatan, seperti trombositopenia dan trombositosis. Namun, metode ini tidak dapat menggantikan pemeriksaan trombosit secara langsung. 

Pemeriksaan trombosit secara langsung lebih akurat dan dapat memberikan informasi yang lebih detail tentang jumlah trombosit. 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang jumlah trombosit Anda, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.***


Ikuti berita terkini dengan mengikuti kami di Google News atau klik tautan ini Google News INFOLABMED.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments