-->
Menu

Ada Varian Baru Virus Corona N439K di Inggris, IDI Minta Masyarakat Waspada

Friday, March 12, 2021

Ada Varian Baru Virus Corona N439K di Inggris, IDI Minta Masyarakat Waspada. Ditemuinya 6 permasalahan varian Inggris Corona B117 di Indonesia pernah membikin marak sebab varian ini diyakini lebih menular. Saat ini  Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menegaskan ancaman baru ialah mutasi virus corona varian N439K.


Ada Varian Baru Virus Corona N439K di Inggris, IDI Minta Masyarakat Waspada


Ketua Umum PB IDI dokter Daeng Meter Faqih mengantarkan perihal itu dalam penjelasan pers yang dibagikan, Rabu( 10/ 3/ 2021). Baginya, mutasi N439K ini telah ditemui di 30 negera.


"Varian N439K ini yang sudah (ditemukan) lebih di 30 negara ternyata lebih 'smart' dari varian sebelumnya, karena ikatan terhadap reseptor ACE2 di sel manusia lebih kuat dan tidak dikenali oleh polyclonal antibody yang terbentuk dari imunitas orang yang pernah terinfeksi, jelasnya.


Bagi dokter Daeng, mutasi N439K ini ditemui pula di Inggris, tempat awal kali varian B117 merebak. Varian Corona B117 sendiri dituding selaku salah satu faktor gelombang permasalahan COVID- 19 di Eropa akhir- akhir ini.


Gyorgy Snell, Direktur Senior Biologi Struktural di Vir Biotechnology California, AS mengatakan "Ini berarti virus memiliki banyak cara untuk mengubah domain imunodominan untuk menghindari kekebalan (tubuh manusia) sekaligus mempertahankan kemampuan untuk menginfeksi dan menyebabkan penyakit,". 


Virus ini pertama dideteksi pada Maret 2020 di Skotlandia, Inggris. Penelitian tentang varian ini sudah diterbitkan di Jurnal Cell sejak 25 Januari dan sudah ditinjau rekan sejawat (peer reviewed).  


Sementara dari tingkat penularan, virus ini masih serupa dengan virus corona awal. Tidak seperti varian B117 yang juga berasal dari Inggris yang punya kemampuan penularan lebih tinggi. 


Pencegahan

Buat menekan laju penularan, dokter Daeng menegaskan buat senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Untuk yang mempunyai komorbiditas ataupun keadaan penyerta yang rentan terhadap akibat parah COVID- 19, dianjurkan buat melaksanakan kontrol kesehatan teratur. 


PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com

Baca juga :
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape