Menu

Peristilahan dalam Bidang Toksikologi dan Klasifikasi Bahan Toksik

Saturday, August 3, 2019

Peristilahan dalam Bidang Toksikologi dan Klasifikasi Bahan Toksik. Dalam lingkup toksikologi sering digunakan beberapa istilah yang mirip yaitu, racun, toksin, toksikan yang memiliki arti yang mirip tetapi berbeda. Berikut beberapa definisi yang perlu dipahami.
Peristilahan dalam Bidang Toksikologi dan Klasifikasi Bahan Toksik

Racun

Menurut Taylor, “Racun adalah setiap bahan atau zat yang dalam jumlah tertentu bila masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan reaksi kimiawi yang akan menyebabkan penyakit dan kematian”.

Menurut Dorland Dictionary: Racun adalah setiap zat yang bila dalam jumlah sedikit ditelan atau dihirup atau diserap atau dioleskan atau disuntikkan ke dalam tubuh atau dihasilkan dalam tubuh, memiliki aksi kimiawi dan menyebabkan kerusakan pada struktur atau gangguan fungsi yang menimbulkan gejala, penyakit atau kematian.

Toksin

Racun (poison) adalah zat yang memiliki efek berbahaya pada organisme hidup. Sedangkan toksin adalah racun yang diproduksi oleh organisme hidup. “Bisa”(venom) adalah racun yang disuntikkan dari organisme hidup ke makhluk lain. “Bisa” (venom) adalah toksin dan toksin adalah racun, tidak semua racun adalah toksin, tidak semua toksin adalah venom.

Venom atau “bisa”

Racun dan “bisa” (venom) adalah toksin, karena toksin didiskripsikan secara sederhana sebagai bahan kimia yang diproduksi secara biologis yang mengubah fungsi normal organisme lain.

Toksikan

Apa perbedaan toksin dan toxicant? Toksin adalah produk alami seperti yang ditemukan pada jamur beracun, atau racun ular. Toksikan adalah produk buatan manusia, produk buatan yang dipaparkan ke lingkungan karena aktivitas manusia; Contohnya adalah produk limbah industri dan pestisida.

Toksoid

Toksoid adalah toksin yang tidak aktif atau dilemahkan. Toksin adalah racun yang dibuat oleh organisme lain yang bisa membuat kita sakit atau membunuh kita. Dengan kata lain, toksin beracun. Toksoid tidak lagi beracun tetapi masih sebagai imunogenik sebagai toksin dari mana ia berasal. 

Xenobiotik

Xenobiotik berasal dari bahasa Yunani: Xenos yang artinya asing. Xenobiotik adalah zat asing yang secara alami tidak terdapat dalam tubuh manusia. Contoh: obat obatan, insektisida, zat kimia.

Klasifikasi Bahan Toksik

Berdasarkan sumbernya, bahan toksik dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Toksin tanaman
b. Toksin hewan
c. Toksin lingkungan (air, tanah, udara)

Berdasarkan senyawanya:
a. Logam berat
b. Senyawa organik
c. Racun gas

Berdasarkan penggunaannya:
a. Obat-obatan
b. Pestisida
c. Pelarut organik
d. Logam berat

Demikian artikel tentang Peristilahan dalam Bidang Toksikologi dan Klasifikasi Bahan Toksik, yang merupakan bagian bab 

Daftar Pustaka : 
  1. Rahayu, M & Solihat, M.F. (2018). Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medik (TLM) : Toksikologi Klinik. hal ; 3-5. BPPSDMK Kemenkes : Jakarta.
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dan Imaduddin Badrawi, Amd.AK. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" 
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :

  1. Pengantar Toksikologi Klinik Teknologi Laboratorium Medik 
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *