Buku Ajar Imunohematologi dan Bank Darah Untuk Teknologi Laboratorium Medik (ATLM)

Buku Ajar Imunohematologi dan Bank Darah Untuk Teknologi Laboratorium Medik (ATLM). Imunohematologi merupakan ilmu yang mempelajari reaksi antigen (Ag) dan antibodi (Ab) pada sel darah, khususnya sel darah merah. Ilmu ini tidak hanya mencakup imunologi dan hematologi saja, melainkan terdapat juga ilmu lain seperti, genetika, biokimia dan biomolekuler. Pada prakteknya, imunohematologi diaplikasikan pada bidang pelayanan transfusi darah.
bank darah,bank darah bogor,bank darah pmi,bank darah rumah sakit,bank darah tali pusat,bank darah jakarta,bank darah tali pusat di indonesia,bank darah rs fatmawati,bank darah negara,bank darah hospital umum sarawak,bank darah tali pusat malaysia,bank darah rumah sakit ppt,bank darah kuching,bank darah tali pusar indonesia,bank darah bayi,bank darah di jakarta,bank darah makassar,bank darah desa,bank darah di makassar,bank darah rumah sakit adalah,bank darah pmi jakarta,bank darah adalah,teknologi bank darah adalah,akademi bank darah,akademi bank darah solo,aplikasi bank darah,alat bank darah,alamat bank darah di makassar,aplikasi bank darah berbasis web,akademi bank darah jakarta,alamat bank darah pmi bogor,alamat bank darah di jakarta,artikel bank darah,alamat bank darah bogor,arti bank darah,alamat bank darah di bogor,akademi bank darah yogyakarta,bank darah anjing,bank darah adalah pdf,bank darah bandung,biaya bank darah tali pusat,bank darah di bandung,bank darah di bogor,bank darah pmi bandung,sistem informasi bank darah berbasis web,bank darah bahasa inggrisnya,buku bank darah,bank darah di btp makassar,website bank darah pmi bogor,bank darah pmi bengkulu,bank darah cibinong,bank stem cell darah tali pusat,bank darah pmi cibinong,bank darah rsud gunung jati cirebon,bank darah di malaysia,bank darah depok,bank darah di surabaya,bank darah di rumah sakit,bank darah di indonesia,bank darah rs dharmais,denah bank darah rumah sakit,bank darah fpi di palestina,bank darah rsud dr soetomo,bank darah pmi depok,bank indonesia donor darah,bank darah in english,bank darah fpi,fungsi bank darah tali pusat,fungsi bank darah,fungsi bank darah rumah sakit,fakultas bank darah,gaji bank darah,bank darah rsud gunung jati,gambar bank darah,harga bank darah tali pusat,harga bank darah,hasil bank darah,bank darah online,bank darah indraprasta bogor,bank darah indonesia,bank darah indraprasta,bank darah pmi indraprasta,bank darah tali pusat indonesia,donor darah bank indonesia 2018,donor darah bank indonesia,donor darah bank indonesia 2017,instalasi bank darah,struktur organisasi bank darah,struktur organisasi bank darah rumah sakit,bank darah dalam islam,donor darah bank indonesia jakarta,bank darah jogja,sekolah bank darah jakarta,teknologi bank darah jakarta,jurusan bank darah,jurnal bank darah,jurusan bank darah poltekkes semarang,bank darah kota makassar sulawesi selatan,kulkas bank darah,kuliah bank darah,kampus bank darah,kebijakan bank darah rumah sakit
Buku Ajar Imunohematologi dan Bank Darah

Konsep imunohematologi yang digunakan dalam bidang pelayanan transfusi darah adalah pemeriksaan sebelum transfusi (pre-transfusi test) dan mendeteksi adanya reaksi transfusi yang ditandai adanya Ab terhadap sel darah. Selain pada proses transfusi, kondisi lain yang dapat mencetus Ab terhadap sel darah adalah proses kehamilan. Konsep dasar imunologi diperlukan untuk memahami reaksi Ag dan Ab. Reaksi Ag dan Ab wajib dipahami terlebih dahulu, karena prinsip dasar metode pemeriksaan untuk transfusi darah , pada umumnya, saat ini masih menggunakan reaksi Ag dan Ab. Selain itu, konsep dasar mengenai sistem imun tubuh digunakan untuk memahami reaksi transfusi pada pasien serta  cara deteksi dan pencegahannya.

Pada buku ajar ini terdiri dari beberapa bab, diantaranya :
BAB 1 ; PENGANTAR IMUNOLOGI
BAB 2 ; SISTEM GOLONGAN DARAH ABO, Rh & GOLONGAN DARAH LAINNYA
BAB 3 ; KOMPONEN DARAH
BAB 4 ; REAKSI TRANSFUSI 
BAB 5 ; INFEKSI MENULAR LEWAT TRANSFUSI DARAH
BAB 6 ; PEMERIKSAAN IMUNOHEMATOLOGI (PEMERIKSAAN PRE TRANSFUSI)

Cetakan pertama, Agustus 2018
Penulis : Eva Ayu Maharani, AMAK, S.Si, M.Biomed & Ganjar Noviar, SST


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke websiteinfolabmed. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Kerjasama media partner e mail ke laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :
  1. Pedoman Nasional Praktek Klinik Patologi Klinik | PDS PATKLIN 2017
  2. Free E Book Salmonella | Seri Ebook Infolabmed Free Download
  3. JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik"
  4. Gratis E Book "Cacing Parasit Pada Manusia Yang Ditularkan melalui Tanah"
  5. Download Buku Pedoman Teknis Pemeriksaan Parasit Malaria Kemenkes RI 2017

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.