Pemeriskaan Darah Samar (Occult Blood)




Infolabmed.com. Feses merupakan spesimen yang penting untuk diagnosis adanya kelainan pada system traktus gastrointestinal seperti diare, infeksi parasit, pendarahan gastrointestinal, ulkus peptikum, karsinoma dan sindroma malabsorbsi.  

Tujuan dari pemeriksaan Darah Samar (Occult Blood) adalah Untuk mendeteksi perdarahan didalam saluran pencernaan yang dapat disebabkan oleh iritasi ringan maupun kanker yang serius. (Prodia)



Test terhadap darah samar penting sekali untuk mengetahui adanya perdarahan kecil yang tidak dapat dinyatakan secara makroskopi atau mikroskopi. Berikut ini adalah beberapa metode yang digunakan seperti yang dikutip dari Buku Ganda Soebrata yang berjudul Penuntun Laboratorium Klinik ;


Cara dengan Benzidine Basa
  1. Buatlah emulsi tinja dengan air atau dengan larutan garam kira-kira 10   ml dan panasilah hingga mendidih.
  2. Saringlah emulsi yang masih panas itu dan biarkan filtrate sampai menjadi dingin kembali.
  3. Ke dalam tabung reaksi lain dimasukkan benzidine basa sebanyak sepucuk pisau.
  4. Tambahkan 3ml asam acetat glacial, kcoklah sampai benzidine itu larut dengan meninggalkan beberapa Kristal.
  5. Bubuhilah 2ml filtrate emulsi tinja, campur.
  6. Berilah 1ml larutan hydrogen peroksida 3 %, campur.
  7. Hasil dibaca dalam waktu 5 menit ( jangan lebih lama ).

Catatan :
Hasil dinilai dengan cara :
Negative     -           tidak ada perubahan warna atau samar-samar hijau
Positif         +          hijau
Positif 2      +          biru bercampur hijau
Positif 3      +          biru
Positif 4      +          biru tua



Cara dengan Benzidine Dihidrochlorida

Jika hendak memakai benzidine dihirochlorida sebagai pengganti benzidine basa dengan maksud mengurangi hasil positif palsu, maka caranya sama.

Cara Guajac

  1. Buatlah emulsi tinja sebanyak 5ml dalam tabung reaksi dan tambahkan 1ml asam acetat glacial, campur.
  2. Dalam tabung reaksi lain dimasukkan sepucuk pisau serbuk guajac dan 2ml alcohol 95 %, campur.
  3. Tuang hati-hati isi tabung kedua dalam tabung yang berisi emulsi tinja   sehingga kedua jenis campuran tetap sebagai lapisan terpisah.
  4. Hasil positif kelihatan dari warna biru yang terjadi pada batas kedua    lapisan itu. Derajat kepositifan dinilai dari warna itu.
Demikianlah cara pemeriksaan pada darah samar, semoga Artikel ini dapat menambah informasi bagi ATLM. Informasi yang kami muat bukanlah acuan baku, sehingga untuk menerapkan prosedur pemeriksaan ini, harap dikrocek ulang pada buku panduan yang sudah ada.

Baca juga :

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.