Hitung jenis leukosit (Apusan Darah)


Lekosit adalah bagian penting dari sistem pertahanan tubuh, terhadap benda asing, mikroorganisme atau jaringan asing. Darah tepi orang dewasa mengandung lekosit yang jumlahnya berkisar antara 4.5-11.0 x10^3 sel/mmk. Pada neonates (bayi baru lahir) jumlahnya mencapai 10.0-26.0 x10^3/mmk, anak 1 umur tahun 6.0-18.0 x10^3/mmk, anak umur 4-7 tahun 5.0-15.0 x10^3/mmk dan anak umur 8-12 tahun 4.5-13.5 x10^3/mmk. Peningkatan jumlah lekosit di atas normal disebut lekositosis, sedangkan  penurunan  jumlah  lekosit di bawah normal disebut lekopenia


Hitung jenis ini hanya untuk membedakan limfosit dan segmen. Hasil hitung jenis dapat member keterangan tentang jenis radang. Jenis yang menyertai proses radang akut hampir semuanya berupa segmen, sedangkan radang menahun menghasilkan hanya limfosit saja dalam hitung jenis. Perbandingan banyak sel dalam golongan limfosit dan sel polimorfonuklear atau segmen memberi petunjuk ke arah jenis radang yang menyebabkan atau menyertai eksudat.
Indikasi hitung lekosit adalah :
  1. Tes rutin sebagai bagian dari tes darah lengkap (full blood count).
  2. Untuk menentukan lekositosis (misalnya pada infeksi, inflamasi, anemia, leukemia) atau leukopenia (misalnya pada depresi sumsum tulang, iradiasi, toksik karena obat anti M kanker, malnutrisi, infeksi virus).
  3. Pemantauan pengobatan.

Prosedur Kerja
Metode : Hapusan Darah
Prinsip :
  • Setetes cairan pleura dibuat hapusan  pada kaca objek, kemudian dicat dan dilihat di bawah mikroskop.
Membuat sediaan hapusan
  1. Siapkan kaca objek yang bersih, kering, dan bebas dari lemak dan letakkan di atas meja.
  2. Teteskan satu tetes cairan pleura yang telah disentrifuge pada sebelah  kanan kaca objek.
  3. Ambil cover glass dean pegang dengan tangan kanan dan letakkan di sebelah kiri tetesan cairan pleura tadi.
  4. Kemudian geser cover glass ke kanan. Setelah cairan menyebar, geser ke arah  kiri dengan satu gerakan yang cepat sehingga terbentuk hapusan yang tipis (penyebaran yang merata).
  5. Usahakan sudut antara kaca objek dan cover glass 30 derajat.
  6. Hapusan yang terbentuk dikeringkan di udara bebas kemudian dicat.

Interpretasi hasil :
  • Transudat : Hanya sel mononuklear  (limfosit)
  • Eksudat : Ditemukan sel mononuclear dan PMN/segmen

Sumber :
  1. Kimia klinik. (2013). Pemeriksaan hitung jumlah sel leukosit. Hal : 71-72. Jakarta : Buku Kedokteran
  2. Buku saku analis kesehatan Revisi ke-5 .(2016). Hitung jumlah sel leukosit. Hal : 29-30. Jakarta : Analis Muslim Publishing
Kontributor Artikel : Naffa Ardilla


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments