Total Pageviews

Check Page Rank

Pengertian Mikrobiologi Secara Umum - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik

Posted by On 4:10 PM



Mikrobiologi berasal dari kata Yunani: mikros = kecil atau renik, bio = hidup atau kehidupan, dan logos = ilmu atau pikiran. Jadi Mikrobiologi berarti : ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup yang kecil atau jasad renik. Istilah lain yang digunakan selain makhluk hidup yang kecil atau renik ialah: mikroorganisme, (mikroba, asal kata : mikros=kecil, ba=bio=hidup). Prostita (jasa atau organisme yang serendah - rendahnya, hanya terdiri 1 sel (kamus Kedoktren, A. Ramali). 


Jasad - jasad renik yang demikian kecilnya itu tidak dapat dilihat dengan mata kita sendiri. Kita baru dapat melihatnya setelah kita mempergunakan alat untuk memperbesar benda yang kita lihat. Alat tersebut kita kenal dengan nama : mikroskop (mikro dari mikros dan skop = melihat, atau kita katakan alat untuk melihat jasad - jasad renik). 

Atau menurut Wikipedia, Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea. Virus sering juga dimasukkan walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya dapat dianggap sebagai makhluk hidup.

Mikrobiologi dimulai sejak ditemukannya mikroskop dan menjadi bidang yang sangat penting dalam biologi setelah Louis Pasteur dapat menjelaskan proses fermentasi anggur (wine) dan membuat vaksin rabies.  Perkembangan biologi yang pesat pada abad ke-19 terutama dialami pada bidang ini dan memberikan landasan bagi terbukanya bidang penting lain: biokimia.

Hackel (1866) menggolongkan mikroorganisme sebagai Protista yang dapat bersifat uniseluler atau multiseluler.

PENGGOLONGAN MIKROORGANISME
Penggolongan mikroorganisme berdasarkan keadaan intinya adalah :
  • Mikroorganisme Prokariotik, sifatnya tidak mempunyai membran inti (nukleoid), DNA tunggal sehingga disebut Monera, contoh bakteri dan ganggang biru.
  • Mikroorganisme Eukariotik, sifatnya mempunyai membran inti, DNA ganda, contoh jamur, protozoa dan alga.

Virus termasuk mikroorganisme terkecil, hanya mempunyai satu jenis asam nukleat (DNA atau RNA) sehingga dikenal sebagai partikel  dan bersifat parasit obligat.

Klasifikasi makhluk hidup modern (Audesirk and Audesirk, 1989), yaitu :
  • Prokariotik meliputi bakteri, monera, dan virus.
  • Eukariotik meliputi Protista, tumbuhan, jamur, dan hewan. 
Demikianlah artikel tentang Pengertian Mikrobiologi Secara umum, pembahasan materi selanjutnya akan membahas tentang Mikrobiologi kedokteran atau tinjauan pemeriksaan laboratorium secara klinis. Kami menggunakan berbagai literatur mulai dari buku bacaan yang Kami dapatkan dan juga yang bersumber dari online, mudah - mudahan sedikitnya tidak mengurangi rasa hormat Kami kepada teman sejawat dalam mengakses artikel yang ada dalam weblog ini.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya
Sumber :
  1. Sri Harti, A. (2015). Mikrobiologi Kesehatan. Yogyakarta : Penerbit Andi 
  2. Wikipedia. (2017). Mikrobiologi. [online]. Tersedia ; https://id.wikipedia.org/wiki/Mikrobiologi. (10 Maret 2017)
  3. Adam, S. (1995). Dasar - Dasar Mikrobiologi dan Parasitologi untuk Perawat. Jakarta ; Penerbit Buku Kedokteran EGC



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »