Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Mengenal Bagian Mikroskop Cahaya

Posted by On 11:41 PM

https://www.levenhuk.com
Infolabmed.com. Sebagai petugas Laboratorium Medik atau Laboratorium Kesehatan tentunya sangat akrab dengan Mikroskop. ATLM harus mengenal bagian - bagian Mikroskop cahaya, baik itu yang monokuler atau binokuler. 

Mikroskop (bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasat mata. Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemukan hampir diseluruh laboratorium untuk dapat mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). 

Buat teman - teman Analis Kesehatan / ATLM di laboratorium Kita biasa menggunakan mikroskop cahaya, apa itu mikroskop cahaya? Mikroskop cahaya atau dikenal juga dengan nama "Compound light microscope" adalah sebuah mikroskop yang menggunakan cahaya lampu sebagai pengganti cahaya matahari sebagaimana yang digunakan pada mikroskop konvensional. Pada mikroskop konvensional, sumber cahaya masih berasal dari sinar matahari yang dipantulkan dengan suatu cermin datar ataupun cekung yang terdapat dibawah kondensor. Cermin ini akan mengarahkan cahaya dari luar kedalam kondensor.

Mikroskop cahaya menggunakan tiga jenis lensa, yaitu lensa obyektif, lensa okuler, dan kondensor. 

Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu, mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop cahaya sendiri dibagi lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Berdasarkan kegiatan pengamatannya, mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. 

Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler. Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan, mikroskop dibagi menjadi 2 bagian, yaitu mikroskop sederhana (yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field, fluoresens, fase kontras, Nomarski DIC, dan konfokal).

Bagian - Bagian Mikroskop

https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroskop_cahaya

Keterangan :
1. lensa okuler, 
2. lensa objektif, 
3. lensa objektif yang lain, 
4. pengatur fokus, 
5. pengatur fokus secara halus, 
6. papan letak objek/sampel/preparat yang dilihat, 
7. sumber cahaya, 
8. kondensor cahaya, 
9. penjepit sampel

Cara Kerja :

Lensa objektif berfungsi dalam pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan objek sehingga dapat memiliki nilai "apertura" yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa objektif yang akan menentukan daya pisah spesimen, sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah.
  • Lensa okuler, adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif berkisar antara 4 hingga 25 kali.
  • Lensa kondensor, adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada objek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal.
Demikian pengenalan mikroskop yang bisa Kami rangkum, Semoga rangkuman ini dapat membantu teman - teman ATLM yang dimasa yang akan datang Mikroskop adalah Sahabat yang harus mengerti saat kerja.

Sumber :
- Mikroskop. 2016. Wikipedia. Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroskop
- Mikroskop Cahaya. 2016. Wikipedia. Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroskop_cahaya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »