Total Pageviews

Check Page Rank

Menggunakan Cairan Pembersih Mikroskop Yang Tepat - Info Update Laboratorium Medik

Posted by On 6:57 PM



Seiring dengan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini telah banyak ditemukan alat bantu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Salah satu penemuan itu adalah mikroskop. Mikroskop adalah alat bantu yang bisa didapatkan hampir diseluruh laboratorium baik medis maupun biologi, untuk mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). Sama seperti alat lainnya, mikroskop pun perlu diberikan perawatan dengan baik, supaya hasil yang diberikat akurat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.



Cara merawat mikroskop yang pertama yaitu mikroskop mesti disimpan di tempat yang kering, bebas debu, sejuk serta bebas uap asam serta uap basa. Tempat untuk menyimpan mikroskop yang sesuai adalah kotak mikroskop itu sendiri yang dilengkapi dengan silica gel, yang mempunyai sifat higroskopis sehingga area sekitar mikroskop tidak akan lembab. Tidak hanya itu saja mikroskop juga bisa disimpan di dalam lemari yang diberi lampu guna mencegah tumbuh atau munculnya jamur.

Gunakan cairan pembersih mikroskop yang tepat untuk membersihkan residu minyak, pada lensa harus dibersihkan dengan tisu pembersih lensa, kertas yang menyerap cairan, atau kapas medis. Permukaan optis dapat dibersihkan dengan cairan pembersih khusus yang mengandung:
  • 80% petroleum eter (titik didih 60-80°C)
  • 20% 2-propanol.
Catatan: Jangan menggunakan etanol 95%, xilen, atau toluen untuk membersihkan lensa karena zat-zat ini dapat melarutkan semen. Namun, zat-zat ini dapat digunakan untuk membersihkan cermin mikroskop.

Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik, karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik, dan juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman.

Hal-hal yang harus diperhatikan
  • Jangan sekali-kali mencelupkan objektif  ke dalam xilen atau etanol karena dapat menyebabkan lensa terkelupas (detached).
  • Jangan sekali-kali membersihkan komponen penyangga atau meja objek dengan xilen atau aseton
  • Jangan sekali-kali membiarkan mikroskop, dengan minyak imersi yang melekat pada lensa objektif.
  • Bersihkan minyak imersi yang melekat setiap hari. Larutan bersabun umumnya dapat digunakan sebagai pembersih.

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya
Baca juga :



Sumber :
  1. Infolabmed. 2017. Cara Merawat Dan Membersihkan Mikroskop. Diakses tanggal 4 Maret 2017. Link ; http://www.infolabmed.com/2016/06/cara-merawat-dan-membersihkan-mikroskop.html 
  2. Alat Labor. 2017. Cara merawat Mikroskop. Diakses tanggal 4 Maret 2017. Link ; http://www.alatlabor.com/article/detail/22/cara-merawat-mikroskop
  3. Ralali News. 2017. Hati-hati! Seperti Ini Cara Merawat Mikroskop yang Benar dan Supaya Awet.  Diakses tanggal 4 Maret 2017. Link ;https://news.ralali.com/cara-merawat-mikroskop-agar-tetap-awet/ 



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »