Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Harus Tahu Persiapan Sebelum Melakukan Pemeriksaan Laboratorium - Info Update Laboratorium Medik

Posted by On 3:45 PM


Pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium merupakan salah satu dari serangkaian proses yang dilakukan dalam proses pre-analitik yang baik untuk menjaga hasil laboratorium yang baik. Supaya spesimen memenuhi syarat untuk diperiksa, maka proses pengambilan spesimen harus dilakukan dengan mengikuti kaidah yang benar. 

Tujuan dilakukannya pemeriksaan laboratorium adalah untuk mendeteksi adanya penyakit, menentukan faktor risiko penyakit, memantau perkembangan penyakit dan memantau efektivitas pengobatan. Hasil pemeriksaan laboratorium memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan medis, karena itu akurasi hasil pengujian menjadi suatu keharusan. Hasil pemeriksaan yang tidak akurat dikarenakan persiapan pemeriksaan yang kurang optimal yang akan menyebabkan tujuan pemeriksaan tidak tercapai dan dapat mengakibatkan diagnosa yang kurang tepat dan berujung pada penanganan medis yang kurang tepat pula.



Spesimen yang memenuhi syarat adalah : jenisnya sesuai dengan pemeriksaan yang akan dilakukan, volumenya mencukupi untuk tiap jenis pemeriksaan, kondisinya layak untuk diperiksa (segar/tidak kadaluwarsa, tidak berubah warna, steril, tidak menggumpal), antikoagulan yang digunakan sesuai, dan ditampung dalam wadah yang memenuhi syarat. 

Persiapan pasien tergantung dari jenis pemeriksaan yang akan dilakukan. Berikut merupakan beberapa alasan mengapa perlu persiapan pemeriksaan sebelum dilakukan pemeriksaan laboratorium :
  1. Pasien harus puasa minimal selama 10 jam sebelum pengambilan darah, kecuali untuk pemeriksaan glukosa puasa minimal 8 jam. Untuk pemeriksaan trigliserida, sebaiknya pasien puasa selama 12 jam.
  2. Selama puasa, pasien tidak diperbolehkan makan dan minum, kecuali air putih.
  3. Hindari merokok, makan permen karet, minum kopi dan teh (tanpa gula), alkohol, addictive drugs (seperti amphetamine, morphine, heroin, cannabis) karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  4. Jangan berpuasa lebih dari 14 jam.
  5. Jangan melakukan aktivitas berat seperti berolahraga sebelum pengambilan darah.
  6. Pengambilan darah sebaiknya dilakukan pagi hari, antara pukul 07.00 - 09.00. Hal ini karena pagi hari merupakan keadaan basal tubuh dimana pada umumnya belum melakukan banyak aktivitas.

Terkadang sebagian pasien masih mengabaikan anjuran tersebut, baik karena lupa, terlalu sulit dilakukan ataupun karena kesibukan yang tidak memungkinkan pasien mengikuti anjuran tersebut. Padahal persiapan pemeriksaan ini dibuat berdasarkan berbagai pertimbangan yang fokus pada keselamatan pasien (patient safety).

Perlu dicatat bahwa banyak tes tidak memerlukan persiapan khusus. Tetapi bagi mereka yang melakukan, pastikan untuk mematuhi petunjuk yang diberikan. Jika Anda tidak memahami instruksi petugas laboratorium, ajak saudara atau kerabat untuk memastikan instruksi yang diterima adalah benar. Jika Anda tidak diberikan instruksi oleh petugas sebelum melakukan pemeriksaan, harap tanyakan terlebih dahulu kepada petugas apakah ada persiapan khusus pada pemeriksaan yang akan dilakukan.

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya

Baca Juga  :

Sumber :
  1. Infolabmed. 2017. Persiapan Pemeriksaan Laboratorium Medik ; Peran Anda. Diakses tanggal 4 Maret 2017. Link ; http://www.infolabmed.com/2016/04/persiapan-pemeriksaan-laboratorium.html
  2. Prodia. 2017. Anjuran Persiapan Sebelum Pemeriksaan Laboratorium. Diakses tanggal 4 Maret 2017. Link ; http://www.prodia.co.id/id/InfoKesehatan/ArtikelKesehatanDetails/anjuran-persiapan-sebelum-pemeriksaan-laborat
  3. Laboratorium Kesehatan. 2017. Persiapan Pengambilan Spesimen. Diakses tanggal 4 Maret 2017. Link ; http://labkesehatan.blogspot.co.id/2009/11/pengambilan-spesimen.html

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »