Total Pageviews

Check Page Rank

Pengertian dan Pemeriksaan Hemoglobin (Hb) Pada Ibu Hamil - Seri Pemeriksaan Laboratorium Klinik

Posted by On 8:28 AM



Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Kehamilan manusia terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 minggu dari pembuahan). Istilah medis untuk wanita hamil adalah gravida, sedangkan manusia di dalamnya disebut embrio (minggu-minggu awal) dan kemudian janin (sampai kelahiran).

Ketika hamil tidak hanya kondisi kesehatan ibu saja yang wajib dipantau, pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan pun perlu dipantau secara berkala. Dengan melakukan pemeriksaan secara berkala oleh dokter dapat dengan cepat melakukan tindakan jika terjadi kelainan atau gangguan pada kehamilan Anda.



 Hemoglobin (Hb)

Hemoglobin adalah molekul protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan kembali berupa karbon dioksida dari jaringan yang kembali ke paru-paru.

Pada dasarnya kehamilan memang mengakibatkan kadar Hemoglobin (Hb) wanita lebih rendah dibandingkan saat ia tidak hamil. Hal ini karena pada ibu hamil biasanya terjadi peningkatan jumlah plasma dan sel darah merah (eritrosit). Meningkatnya plasma sebanyak tiga kali pada jumlah sel darah merah akan menyebabkan penurunan perbandingan Hemoglobin-Hematokrit sehingga akan meningkatkan risiko Anemia Fisiologis pada saat hamil. Namun demikian, dalam kondisi ini masih bisa dikatakan normal dan bukan merupakan kelainan, tetapi harus tetap ditangani dengan benar.

Ibu hamil yang mengalami kekurangan darah akan mengalami kendala dalam mencukupi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke jaringan. Padahal selama kehamilan tubuh harus dapat memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Anemia (kekurangan darah) pada ibu hamil dapat digolongkan anemia ringan dan anemia berat. Pada dasarnya kedua jenis anemia pada ibu hamil harus mendapatkan penanganan segera untuk tetap menjaga ibu dan janin dari kekurangan darah selama kehamilan. 

Pemeriksaan Hemoglobin (Hb)

1. Pemeriksaan Otomatis
Hemoglobin biasanya diukur sebagai bagian dari tes rutin complete blood count (CBC) dari sampel darah. Beberapa metode yang ada untuk mengukur hemoglobin, yang sebagian besar dilakukan saat ini oleh mesin otomatis yang dirancang untuk melakukan tes yang berbeda pada darah. Dalam mesin, sel-sel darah merah dipecah untuk mendapatkan hemoglobin kedalam sebuah larutan. Hemoglobin bebas dikarenakan bahan kimia yang mengandung sianida yang mengikat erat dengan molekul hemoglobin untuk membentuk cyanomethemoglobin. Dengan penyinaran cahaya yang melalui larutan dan diukur seberapa banyak cahaya yang diserap (khusus pada panjang gelombang 540 nanometer), jumlah hemoglobin dapat ditentukan.

2. Hb Meter (Pocket)
Hb meter merupakan alat praktis yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun tingkat keakuratan dan sensitifitasnya amsih jauh dibawah laboratorium klinik yang sudah terstandarisasi dengan baik. Penggunaan Hb meter yaitu dengan memasang stik Hb pada alat, kemudian alat akan menyala secara otomati, setelah itu buat luka pada jari yang sebelumnya sudah di beri antiseptik. 

Luka yang dibuat akan mengeluarkan darah, kemudian darah tersebut diteteskan pada Hb meter. Setiap alat memerlukan waktu yang berbeda tergantung alat yang dipakai. Jika sudah selesai akan muncul angka pada layar Hb meter, itulah nilai Hb Anda.

Batas Normal Kadar Hemoglobin pada ibu Hamil Menurut WHO

Menurut WHO, anemia pada ibu hamil di bagi menjadi tiga kriteria yaitu :
  • Normal > 11 gr/dl
  • Anemia ringan 8 - 11 gr/dl
  • Anemia berat < 8 gr.dl

Bagi ibu hamil, sebaiknya lakukan kontrol rutin kepada bidan ketika sudah mengalami telat datang bulan. Periksakan secara teratur untuk mengontrol pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil.


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber :
  1. Wikipedia. 2017. Kehamilan. Diakses tanggal 28 Februari 2017. Link ; https://id.wikipedia.org/wiki/Kehamilan  
  2. Medicine Net. 2017. Hemoglobin. Diakses 28 Februari 2017. Link ; http://www.medicinenet.com/hemoglobin/article.htm 
  3. Bidanku. 2017. Anemia Pada Ibu Hamil. Diaskes tanggal 28 Februari 2017. Link ; http://bidanku.com/anemia-pada-ibu-hamil
  4. Luvi Zhea. 2017. Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Menjelang Persalinan. Diakses tanggal 28 Februari 2017. Link ; http://luvizhea.com/mengatasi-anemia-pada-ibu-hamil-menjelang-persalinan/
  5. Jelly Gamat Cair. 2017. Batas Normal Kadar Hb pada ibu Hamil Menurut WHO. Diaskes tanggal 28 Februari 2017. Link ; http://jellygamatcair.com/batas-normal-kadar-hb-pada-ibu-hamil/



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »