Total Pageviews

Check Page Rank

Inilah Daftar 12 Bakteri Bebahaya yang Dikeluarkan WHO

Posted by On 3:50 PM



Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan daftar bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik "patogen prioritas"- sebuah katalog dari 12 keluarga dari bakteri yang menimbulkan ancaman terbesar bagi kesehatan manusia. Daftar itu disusun dalam upaya untuk membimbing dan mempromosikan penelitian dan pengembangan (R & D) antibiotik baru, sebagai bagian dari upaya WHO untuk mengatasi meningkatnya perlawanan global terhadap obat-obatan antimikroba.

 


Daftar ini menyoroti khususnya ancaman bakteri gram negatif yang resisten terhadap beberapa antibiotik. Bakteri ini memiliki kemampuan terpasang untuk menemukan cara-cara baru dalam melawan pengobatan dan dapat menyampaikan materi genetik yang memungkinkan bakteri lain untuk menjadi resistan terhadap obat juga. Daftar WHO dibagi menjadi tiga kategori sesuai dengan mendesaknya kebutuhan untuk antibiotik baru: kritis, prioritas tinggi dan menengah.

Kelompok yang paling kritis; dari semua bakteri resisten termasuk yang multidrug menimbulkan ancaman tertentu di berbagai rumah sakit, panti jompo, dan di antara pasien yang membutuhkan perawatan peralatahn kesehatan lain seperti ventilator dan kateter darah. Bakteri tersesbut ialah termasuk Acinetobacter, Pseudomonas dan berbagai Enterobacteriaceae (termasuk Klebsiella, E. coli, Serratia, dan Proteus). Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi parah dan juga mematikan seperti dapat menginfeksi aliran darah dan pneumonia.

Bakteri ini sudah menjadi resisten terhadap sejumlah besar antibiotik, termasuk carbapenems dan generasi cephalosporins ketiga - yang terbaik yang tersedia antibiotik untuk mengobati bakteri resisten multi-obat.

Tingkatan kedua dan ketiga dalam daftar - kategori prioritas tinggi dan menengah - terdiri dari beberapa bakteri yang resistan terhadap obat yang menyebabkan penyakit yang umum seperti gonore dan keracunan makanan yang disebabkan oleh salmonella.

TBC - yang resistensi terhadap pengobatan tradisional telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir - tidak termasuk dalam daftar karena ditargetkan secara khusus, yaitu dalam program didedikasi. Bakteri lain yang tidak dimasukkan, seperti streptokokus A, B dan klamidia, memiliki tingkat resistensi yang rendah terhadap perawatan yang ada dan saat ini tidak menimbulkan ancaman kesehatan masyarakat yang signifikan.

Baca juga :



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »