Konsekuensi yang tidak Diinginkan dari Bank Darah Terpusat


Pada akhir 1990-an, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan pembentukan fasilitas perbankan darah terpusat di negara-negara Afrika Sub-Sahara. Anthony Charles, MD, MPH, profesor bedah di UNC School of Medicine, mengatakan bahwa kebijakan ini sekarang memiliki konsekuensi negatif.

Charles berpendapat bahwa sudah waktunya untuk WHO untuk mengubah kebijakannya dan mendukung pembentukan sistem hybrid yang mempertahankan layanan terpusat tetapi juga memungkinkan untuk fasilitas transfusi di rumah sakit lokal dan regional.


Tujuan dari kebijakan WHO telah memastikan skrining terpusat dan pengujian untuk membantu menghilangkan penyebaran penyakit menular seperti HIV. Tapi bagi Charles, yang memimpin Initiative Bedah Malawi di UNC, kebijakan yang sekarang menjadi penghalang untuk pengiriman operasi perawatan akut dan kebidanan. karya Charles 'di Malawi didasarkan di Kamuzu Central Hospital di ibukota Lilongwe. fasilitas bank darah terpusat Malawi hampir 225 mil jauhnya.

Dalam sistem hybrid, krisis akut dapat diatasi melalui bank darah rumah sakit, dengan fasilitas terpusat yang lebih besar dipertahankan bagi penderita anemia kronis yang membutuhkan transfusi reguler. Selain memastikan pasokan yang cukup dari darah yang tersedia untuk pasien di titik perawatan, model hibrida ini akan membantu untuk mengurangi dua isu lain yang disebabkan oleh kebijakan.

Pertama, Bank darah terpusat adalah mahal karena proses rumit mengangkut darah bolak-balik antara rumah sakit dan pusat fasilitas. Dengan gabungan biaya penyimpanan dan transportasi, sistem terpusat saat ini diamanatkan oleh WHO diperkirakan hingga delapan kali lebih mahal dari darah perbankan berbasis rumah sakit / Bank Darah Rumah Sakit.

Selain itu, sentralisasi telah menyebabkan pasokan yang tidak konsisten pada ketersediaan darah yang kadang - kadang ketersediaan yang sangat sedikit. Banyak bank darah ini terletak di kota-kota besar dan mengandalkan mahasiswa sebagai donor sukarela. Jumlah ketersediaan darah ini sangat tergantung ketika universitas ini libur, maka persediaan bisa mendapatkan gangguan jumlah ketersediaan.

Jumlah pendonor dari anggota keluarga pasien juga menurun setengahnya sejak tahun 2004. Di bawah sistem hybrid yang diusulkan, pasien dan keluarga akan diuji di bank darah rumah sakit dan darah kemudian akan dapat segera tersedia untuk transfusi.

Charles mengatakan, banyak rumah sakit yang lebih besar di Sub-Sahara Afrika telah memiliki fasilitas laboratorium dan personil yang cukup dalam pengujian darah dan memastikannya sehingga aman untuk dilakukan transfusi, dan pembentukan sistem hybrid ini dapat dilakukan relatif cepat dan dengan biaya yang wajar dengan memanfaatkan infrastruktur sudah ada.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments