Total Pageviews

Check Page Rank

Apa itu Flebotomi?

Posted by On 12:12 AM



infolabmed.com Teknik flebotomi merupakan bagian dari tata cara sampling atau pengumpulan bahan spesimen. Flebotomi sendiri merupakan keahlian khusus dalam mengumpulkan darah, di Indonesia yang dapat melakukan flebotomi adalah petugas medis (Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Perawat, dan Dokter).

Istilah Flebotomi

Flebotomi (berasal dari kata Yunani yaitu phlebo-, yang berarti "berkaitan dengan pembuluh darah", dan -tomy, yang berarti "membuat sayatan") adalah proses membuat sayatan di vena dengan jarum. Prosedur itu sendiri dikenal sebagai venipuncture . Seseorang yang melakukan proses Flebotomi disebut "flebotomist", meskipun dokter, perawat, ATLM dan lain-lain melakukan bagian dari prosedur flebotomi di banyak negara.
Sejarah Singkat Flebotomi

Praktek pengeluaran darah (bloodletting) sudah sejak lama dikenal manusia dan menjadi bagian dari pengobatan pasien. Teknik pengeluaran darah yang pertama(tahun 100 SM) dilakukan oleh dokter-dokter dari Syria dengan menggunakan lintah. Sebelum dikenal Hippocrates dengan sebutan”Bapak Ilmu Kedokteran”(abad 5 SM), seni pengambilan darah banyak mengalami perubahan demikian pula berbagai alat untuk keperluan pengambilan dan penampunngan bahan darah. 

Lanset untuk pengambilan darah digunakan pertama kali sebelum abad ke 5 SM dengan tetap mengacu kepada lintah sebagai bentuk dasar. Dengan lanset ini seorang dokter (practitioner) melubangi vena, kadang-kadang sampai beberapa lubang. Menjelang akhir abad 19 barulah teknologi mengambil alih memproduksi “lintah artificial”. Kini telah dikenal beragam alat pengambilan darah dan mudah diperoleh di pasaran.
Ruang Lingkup Flebotomist

Flebotomist adalah orang-orang terlatih untuk mengambil darah pasien untuk uji klinis atau medis, transfusi, donasi, atau penelitian.


Tugas flebotomist meliputi mengidentifikasi pasien dengan benar, dapat menjelaskan pemeriksaan yang diminta pada formulir permintaan, menyiapkan dan memilih tabung aditif yang tepat, menjelaskan prosedur untuk pasien dengan akurat, menyiapkan pasien dengan benar, berlatih form asepsis, berlatih standar dan kewaspadaan secara umum, melakukan sampling pada kulit/vena, mengumpulkan darah ke dalam wadah atau tabung, memulihkan hemostasis dari tusukan, menginstruksikan pasien pada perawatan pasca-tusuk, megorder pemeriksaan sesuai permintaan dokter, melakukan pelabelan pada tabung dengan elektronik printing / barcode, dan memberikan spesimen ke laboratorium.
Video Cara Pengumpulan darah,





Sumber : 
Phlebotomy.Wikipedia. 2015. Link : https://en.wikipedia.org/wiki/Phlebotomy
Pengertian Flebotomi. Laboratorium Klinik. 2015. Link : http://teklabkes.blogspot.co.id/2009/07/pengertian-flebotomi.html

Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=_8ZsqXFqvQM


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »