Total Pageviews

Check Page Rank

Laboratorium Medik

Posted by On 1:52 AM


 
http://chughtailab.com/departments/clinical-chemistry/

 Infolabmed.com. Sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik sepatutnya Kita mengetahui apa itu "Laboratorium Medik". Paparan ini Kami mengumpulkannya dari berbagai sumber yang Kami percaya, Supaya materi yang disampaikan bisa Kami pertanggungjawabkan. Kenapa demikian, karena tujuan adanya website ini adalah untuk memfasilitasi materi yang real atau sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Kami kutip dari website Komite Akreditasi Nasional, bahwa Laboratorium medik merupakan laboratorium untuk pemeriksaan biologi, mikrobiologi, imunologi, kimia, imunoheatologi, hematologi, biofisika, sitologi, patologi atau pemeriksaan bahan lain dari tubuh manusia dengan tujuan memperoleh informasi untuk diagnosis, pencegahan dan pengobatan suatu penyakit, atau penilaian kesehatan manusia dan dapat menyediakan pelayanan konsultasi yang mencakup semua aspek penelitian laboratorium termasuk interpretasi hasil dan saran tentang pemeriksaan lanjutan.
Untuk penyebutan Istilah ini, mungkin akan ada persamaan arti antara laboratorium Medik / Medis dengan Laboratorium Klinik adalah  laboratorium yang dapat melakukan berbagai macam tes pada spesimen biologis untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan pasien.(Wikipedia).

Di zaman yang sudah sedemikian pesatnya perkembangan tekhnologi kesehatan, semakin banyak pula laboratorium medik tumbuh seperti jamur di musim hujan. Jenis Laboratorium Medik bisa di golongkan kedalam dua bagian, yaitu Laboratorium Medik di Rumah Sakit dan Laboratorium Medik Swasta atau Laboratorium Klinik yaitu untuk dianalisis dari dokter umum, perusahaan asuransi, dan klinikus kesehatan lainnya, yang juga dapat disebut sebagai laboratorium rujukan di mana tes yang tidak umum dan tak jelas dilakukan.
Pengerucutan persoalan yang di bahas di artikel ini, mari kita fokuskan kepada pembahasan Laboratorium Medik Rumah Sakit dan atau Laboratorium Medik pada Klinik Swasta saja sebagai laboratorium penunjang curatif. Kenapa demikian? dikarenakan pembahasan Laboratorium Medik hanya mencakup demikian. Beda halnya dengan Laboratorium Kesehatan yang mencakup juga Laboratorium Kesehatan Masyarakat.

AKREDITASI LABORATORIUM MEDIK

Perlu adanya penilaian standar operasional terhadap suatu laboratorium medik, atau sebuah Laboratorium medik perlu dilakukan peningkatan mutu pelayanannya sesuai ISO yang berlaku. Di Indonesia Komite Akreditas Nasional merupakan salah satu badan yang mempunyai tugas menetapkan akreditasi dan memberikan pertimbangan dan saran kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam menetapkan sistem akreditasi dan sertifikasi.
KAN memberikan akreditasi untuk Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) untuk Laboratorium Medik  (selanjutnya setelah disebut LM). Laboratorium Medik ini harus sesuai dengan SNI ISO 15189 : 2009 “Laboratorium medik – Persyaratan khusus untuk mutu dan kompetensi” yang merupakan adopsi identik dari ISO 15189:2007 “Medical laboratories – Particular requirements for quality and competence” .

SNI ISO 15189:2009 (Laboratorium medik – persyaratan khusus untuk mutu dan kompetensi) merupakan standar yang berisi persyaratan bagi laboratorium medik untuk menunjukan kompetensinya dalam memberikan pelayanan yang dapat dipercaya.  SNI ISO 15189:2009 merupakan standar berdasarkan ISO/IEC 17025 dan ISO 9001 tapi juga memasukan persyaratan khusus untuk laboratorium medik.  Standar ini berisi kompetensi personel yang terlibat pada pemeriksaan di laboratorium medik, fasilitas beserta peralatan, reagen dan perlengkapan, faktor pra-pemeriksaan, pemeriksaan, pertimbangan jaminan mutu, dan faktor pasca-pemeriksaan.
Pelayanan yang baik dan hasil yang akurat merupakan keinginan seseorang yang datang ke Laboratoium Medik. Hasil suatu laboratorium merupakan langkah yang harus dilakukan dalam menunjang diagnosa pasien, maka dengan demikian wajib untuk melakukan akreditasi pada suatu laboratorium medik.

Sumber Artikel :
  • Wikipedia, Laboratorium klinik. Th 2016. Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Laboratorium_klinik
  • KAN, AKREDITASI LABORATORIUM MEDIK BERDASARKAN SNI ISO 15189:2009. Th. 2016. Link : http://www.kan.or.id/?p=2214



Next
« Prev Post
Previous
This is the oldest page