Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Apa Itu Pemeriksaan Hematologi

Posted by On 4:58 AM


InfolabmedHematologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari kondisi normal dan patologis darah yang meliputi struktur darah, komponen darah, fungsi darah dan pembuluh darah. (Gilang, 2017:1)  Pemeriksaan hematologi adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan darah dan komponen-komponennya. Darah terdiri dari bagian padat yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit dan bagian cairan yang berwarna kekuningan yang disebut plasma. (Infolabmed)


Dalam sebuah laboratorium, akan dikenal beberapa pemeriksaan Hematologi, seperti Hematologi Rutin (complete blood count (CBC)) dan Hematologi Lengkap. Inilah pemeriksaan hematologi yang dikenal di Indonesia. 

Dalam buku Hematologi Dasar, Gilang (2017:113-114) menyatakan "Pemeriksaan hematologi rutin adalah pemeriksaan hematologi yang umum dilakukan karena sering diminta (rutin). Parameter pemeriksaan hematologi rutin adalah hitung hematokrit, hemoglobin, jumlah eritrosit, indeks eritrosit, hitung jumlah leukosit dan hitung jumlah trombosit. Pemeriksaan hematologi rutin dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah complete blood count (CBC) yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah "hitung darah lengkap", sedangkan pemeriksaan darah lengkap yang umum dilakukan di Indonesia adalah pemeriksaan hematologi rutin dengan hitung jenis leukosit dan LED. Jadi, Istilah CBC yang benar merujuk pada pemeriksaan Hematologi Rutin."

Disisi lain, kita mengenal adanya pemeriksaan Hematologi 8 dan hematologi 14. Adanya permintaan pemeriksaan laboratorium seperti ini dikarenakan adanya perubahan dalam proses penanganan sampel pasien yang awalnya manual, saat ini lebih banyak menggunakan alat canggih. Sehingga, Kami dari Infolabmed memprediksikan akan ada perubahan kebiasaan penyebutan pada istilah Hematologi Rutin ini kedepannya.

Saat ini saja, beberapa Rumah Sakit di Kota Besar, sudah sedikit demi sedikit ada perubahan dalam kebijakan hasil laboratorium Hematologi Rutin ini, yaitu seperti yang di nyatakan oleh Gilang dalam bukunya Hematologi Dasar.


Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber :
  1. Nugraha, Gilang. 2017. Panduan Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Dasar ; Edisi 2. Jakarta ; Penerbit TIM


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »