Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Ini Bahayanya kalau Toilet Kotor - Seri Info Laboratorium Medik

Posted by On 4:01 AM


Sebagai seorang perempuan harus selalu ekstra dan waspada sebelum menggunakan toilet umum. Ternyata, penyebab kanker serviks juga bisa diakibatkan karena penggunaan fasilitas umum seperti toilet.

"Saya punya pasien kok bisa kena serviks padahal selaput dara masih utuh alias bukan dari hubungan s*ksual. Jadi ini bisa juga karena pemakaian fasilitas umum seperti toilet yang dipakai bersama," kata dr Tagor Sidabutar, SpOG, dalam Health Talk, Tenda Sehat dalam rangka HUT ke-35 RS Tebet yang berlangsung di Taman Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4).



Menurut dr Tagor, Human Papilloma Virus (HPV) virus penyebab dari kanker serviks, ada 120 jenis virus namun yang menyerang sekitar 30-40 jenis virus. Artinya ada yang ganas dan ada yang tidak.

“Faktor penyebabnya bisa internal dan eksternal. Yang tergolong tidak ganas itu seperti kutil di kemaluan, jengger ayam, kembang kol,” pungkasnya.

Itu sebabnya, dia menyarankan agar berhati-hati jika menggunakan toilet yang mungkin sudah digunakan penderita kanker mulut rahim ini sebelumnya.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas umum lain seperti kolam renang, apakah kolam renang juga bisa menularkan virus HPV? Menurut dr Tagor tidak. "Virus itu tidak bisa berenang seperti itu," sambungnya.

Tidak hanya itu, lanjut dr. Tagor, sebaiknya wanita juga hindari hubungan s*ksual sebelum menikah. Hubungan s*ksual hanya dilakukan dengan suami atau isteri yang sah, artinya tidak bertukar-tukar pasangan.

"Intinya berhubungan s*ksual cukup dengan suami isteri sendiri yang sah," kata dr. Tagor terkait penyakit yang paling banyak membunuh kaum wanita itu.

Bebicara soal kanker serviks, dr. Tagor menegaskan tidak ada perbedaan perawatan penderita serviks di Indonesia maupun luar negeri.

"Sebenarnya sama saja. Kalaupun ada perbedaannya mungkin bisa saja soal makanan tapi itu sebenarnya hanya untuk meningkatkan antibody. Kalau untuk kanker bukan sembuh atau tidak sembuh, tapi peluang hidup 5 tahun ke depan," dr Tagor menuturkan.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber :
  1. Aura Tabloid Bintang. (2017). Awas, Toilet Jorok Bisa Tularkan Virus Kanker Serviks. [Online]. Tersedia : http://aura.tabloidbintang.com/articles/kesehatan/64866-awas-toilet-jorok-bisa-tularkan-virus-kanker-serviks. (11 April 2017).


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »