Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Pengertian Histologi Secara Umum | Seri Edukasi ATLM

Posted by On 4:20 PM


Pembahasan tentang histologi merupakan pembahasan tentang pembelajaran secara rinci mengenai sel, jaringan dan organ pada manusia, hewan dab juga tumbuhan. Namun, sebelum melanjutkan pembahasan ini, alangkah baiknya Kita memahami arti katanya terlebih dahulu.

Mengutip dari Wikipedia, Histologi berasal dari kata Yunani yang berasal dari “histos” berarti jaringan, dan “logia” yang berarti pengetahuan. Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis, salah satu dari cabang-cabang biologi. Histologi dapat juga disebut sebagai ilmu anatomi mikroskopis.



Histologi amat berguna dalam mempelajari fungsi fisiologi sel-sel dalam tubuh, baik manusia, hewan, serta tumbuhan, dan dalam bentuk histopatologi ia berguna dalam penegakan diagnosis penyakit yang melibatkan perubahan fungsi fisiologi dan deformasi organ. Sebagai contoh, di bidang kedokteran, kehadiran tumor memerlukan hasil pemeriksaan contoh (sampel) jaringan. 

Sejarah Perkembangan Histologi

 Ditemukan pertama kali pada abad ke 17 oleh Italian Marcello Malpighi, mikroskop pertama ini dapat mempelajari entitas biologis yang sangat kecil. Malpighi menganalisis beberapa bagian organ tubuh hewan seperti kelelawar, katak dan hewan lainnya menggunakan mikroskop. Malpighi, juga mempelajari struktur paru-paru, memperhatikan membran alveoli dan penghubung yang tipis mirip rambut seperti antara pembuluh darah dan arteri, yang ia beri nama kapiler

Histologi menjadi cabang ilmu yang berdiri sendiri mulai pada abad ke 19.  

Histologi merupakan cabang ilmu yang sangat juga terkait dengan disiplin ilmu lainnya, seperti : 
  • Biologi sel adalah studi tentang sel-sel hidup, DNA dan RNA dan protein.
  • Anatomi adalah studi tentang organ yang terlihat oleh mata telanjang. 
  • Morfologi mempelajari seluruh organisme. 
  • Sitologi adalah studi mikroskopis sel-sel normal atau cluster yang diperoleh dari sekresi tubuh, aspirasi, goresan, gesekan, atau pencucian.
Artikel pertama ini memungkinkan Kita sebagai ATLM harus mendalami berbagai hal tentang sel, jaringan dan organ dalam bidang kedokteran Histologi atau Histopatologi. Artikel sederhana ini dibuat sebagai jembatan untuk memasuki materi sel selanjutnya.

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya
Baca juga :

Sumber : 
  1. Amazine. 2017. Apa itu Histologi? Ruang Lingkup & Kaitannya dengan Ilmu Lain. Diakses tanggal 7 Maret 2017. Link ; https://www.amazine.co/26416/apa-itu-histologi-ruang-lingkup-kaitannya-dengan-ilmu-lain/
  2. Wikipedia. 2017. Histologi. Diakses tanggal 7 Maret 2017. Link ; https://id.wikipedia.org/wiki/Histologi
  3. Wikipedia. 2017. Histology. Diakses tanggal 7 Maret 2017. Link ; https://en.wikipedia.org/wiki/Histology


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »