Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Histopatologi | Sebuah Pengenalan

Posted by On 2:11 AM


Histopatologi adalah sebuah studi tentang jaringan yang memiliki kelainan, misalnya, benjolan pada payudara atau spesimen usus yang dicurigai kanker, termasuk pemeriksaan yang dilakukan secara mikroskopis. 

Menurut Wikipedia, Histopatologi berasal dari bahasa Yunani, (histos ἱστός "jaringan", πάθος pathos "menderita", dan -λογία -logia "studi tentang"), mengacu pada pemeriksaan mikroskopik jaringan untuk mempelajari manifestasi penyakit. Secara khusus, dalam dunia kedokteran klinis, histopatologi mengacu pada pemeriksaan biopsi atau spesimen bedah oleh seorang ahli patologi, setelah spesimen telah diproses dan bagian histologis ditempatkan pada slide kaca. Sebaliknya, Sitopatologi meneliti sel - sel normal atau fragmen jaringan.



Histopathologists 

Seorang histopatologists dapat melihat apusan jaringan dan sel dari pasien di klinik atau selama tindakan operasi. Mereka menggunakan berbagai metode ilmiah untuk mengetahui apakah terdapat kelainan dan apa tindakan yang harus dilakukan. Jaringan tersebut, pertama - tama diperiksa dengan mata telanjang untuk mencari kelainan yang dapat dilihat dan untuk memilih pemotongan untuk pemeriksaan yang lebih rinci lagi. Potongan - potongan yang lebih kecil sangat diperlukan, dengan tambahan campuran bahan kimia jaringan tersebut dapat dilakukan pemotongan yang lebih tipis lagi. Irisan ini diberikan pewarnaan khusus untuk melihat bagian - bagian sel yang berbeda yang dilihat secara mikroskopis. Seorang histopatologis akan memberikan informasi kepada dokter yang menangani perawatan pasien apakah terjadi kelainan dan juga memberikan informasi tentang pengobatan yang baik yang harus dilakukan.

Seorang Histopatologists terkadang dapat melihat jaringan pasien ketika sedang menjalani operasi. Dokter bedah akan membuat apusan jaringan dan menunggu histopatologists dalam mendiagnosis sebelum melanjutkan tindakan yang harus dilakukan. Histopatologists bisa juga dikatakan sebagai seseorang yang mendiagnosa kanker dan penyakit serius lainnya - tetapi  mereka juga terkadang selalu memberikan informasi yang baik seperti adanya benjolan atau mol yang diperiksa, adalah benjolan jinak dan tidak perlu khawatir tentang hal itu. Beberapa histopatologists juga dapat melakukan otopsi untuk mencari tahu mengapa seseorang itu telah meninggal.


Keahlian Histopatologists
Histopatologists harus memiliki keahlian yang sangat teliti dan mendetail untuk memeriksa jaringan dan mendiagnosis penyakit. Banyak penyakit yang terlihat sangat mirip, sehingga dalam melihat perbedaan yang sangat kecil pun sangat penting. Biasanya seorang histopatologist akan berada dibawah tekanan dan perlu memberikan keputusan penting setiap harinya, sebagai interpretasi dari hasil yang didapat ini akan menentukan perawatan terhadap pasien. Histopatologis harus memiliki tingkat motivasi diri yang tinggi dan mampu bekerja sama baik secara pribadi dan secara tim. Komunikasi yang baik diantara histopatologists sangat penting untuk membawah relevansi temuan mikroskopis dengan rekannya. 

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya

Sumber :
  1. Wikipedia. 2017. Histopathology. Diakses tanggal 6 Maret 2017. Link ; https://en.wikipedia.org/wiki/Histopathology
  2. The Royal Collage of Pathology. 2017. Histopathology. Diakses tanggal 6 Maret 2017. Link ; https://www.rcpath.org/discover-pathology/i-want-a-career-studying/human-tissue/histopathology-careers.html



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »