Uji Human Leukocyte Antigen (HLA) (Serum) - Seri Pemeriksaan Laboratorium Klinik


Sel yang bernukleasi, termasuk leukosit, trombosit, dan berbagai sel jaringan, memiliki sistem antigen leukosit manusia (Human leukocyte antigen, HLA) pada membran permukaannya. Antigen ini diklasifikasikan ke dalam lima seri yang berbeda: A, B, C, D, dan DR (D-related). Terdapat berbagai kelompok dari kelima seri ini (20 antigen A, 40 antigen B, 8 antigen C, 12 antigen D, dan 10 antigen DR) yang dapat menjadi fenotip HLA untuk menentukan histokompatibilitas.

Ujian antigen HLA berguna untuk menentukan golongan jaringan bagi resipien dan donor untuk transplantasi organ, uji paternitas, serta konseling genetik yang berkaitan dengan kerentanan terhadap penyakit tertentu. Ayah yang diduga tidak memiliki pasangan antigen identik dengan salah satu antigen yang dimiliki anaknya, bukanlah ayahnya.



Tujuan
  • Untuk pemindaian histokompatibilitas pada penggolongan jaringan. 
  • Untuk menentukan pola paternitas anak.

Nilai Rujukkan
Kesesuaian atau ketidakseusaian histokompatibilitas; tidak ada nilai.

Prosedur
  • Kumpulkan 5 sampai 7 darah vena dalam tabung bertutup hijau. Cegah terjadinya hemolisis. Sampel darah harus diuji dengan segera.
  • Tidak terdapat pembatasan asupan makanan atau cairan.

Faktor yang Mempengaruhi Temuan Laboratorium
  • Hemolisis sampel darah.
  • Transfusi darah 3 hari sebelumnya dapat mempengaruhi temuan uji.
Masalah Klinis
HISTOKOMPATIBILITAS POSITIF: Kompatibilitas jaringan untuk graft dan transplantasi organ, ayah dari anak.

IMPLIKASI KEPERAWATAN DAN RASIONAL
  • Anjurkan klien mengekspresikan masalah yang berkaitan dengan masalah kesehatan.
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber : 
  1. LeFever Ke, Joyce. 2002. Pedoman Pemeriksaan Laboratorium & Diagnostik ; Edisi 6. Hal : 269. Cetakan 2017. EGC ; Jakarta
 Baca juga :


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments