Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Kolesterol | Pemahaman dan Penyebab Meningkatnya Kadar Kolesterol Dalam Darah

Posted by On 4:56 AM

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. 

Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon. Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. (Sumber : Wikipedia).



Pemahaman Tentang Kolesterol

Kolesterol adalah zat lemak yang sangat berguna bagi tubuh, tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat-zat yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Sebenarnya, tubuh Anda secara alami memproduksi semua kebutuhan kolesterol dalam tubuh, yaitu HDL dan LDL, namun kolesterol juga dapat Anda temukan di dalam makanan yang Anda makan, yang disebut dengan Trigliserida.

Kolesterol beredar dalam saluran darah Anda yang melalui struktur biokimia yang berisi protein dan lemak, diasa disebut dengan lipoporotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol dalam pembuluh darah Anda, yaitu low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL).

Penyebab Kolesterol Tinggi (Meningkatnya Kadar Kolesterol Dalam Darah)

Kolesterol Tinggi dapat Disebabkan oleh Gaya Hidup Tidak Sehat. Diet dan gaya hidup merupakan penyebab utama yang sering disalahkan apabila anda memiliki mengidap kolesterol tinggi. Keduanya memiliki peran penting atas jumlah lemak dalam darah kita yang tersirkulasi ke seluruh tubuh. Secara umum, berikut ini kebiasaan yang dapat menyebabkan tingginya kolesterol dalam darah: 
  • Diet yang kaya akan saturated fat atau lemak jenuh
  • Kurang aktivitas fisik
  • Merokok
  • Kelebihan Berat Badan (Obesitas)
  • Kurang tidur
  • Mengkonsumsi Alkohol
Penyebab Lain Kolesterol Tinggi

Beberapa kondisi kesehatan dan obat resep yang Anda konsumsi juga dapat mempengaruhi tingkat kolesterol. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol Anda:
  1. Diabetes Tipe 2
  2. Hipotiroid
  3. Masalah pada Ginjal
  4. Masalah pada Hati

Sedangkan obat-obatan yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol antara lain adalah beberapa obat diuretik, hormon steroid,  immuno-suppressants, beta blocker, dan antidepresan. Apabila anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tersebut, mohon hubungi dokter anda untuk petunjuk lebih lanjut.

Kolesterol Tinggi dapat Diturunkan dalam Keluarga

Apabila orang tua atau kakak dan adik Anda menderita kolesterol tinggi, maka ada kemungkinan anda juga. Terdapat 100 faktor genetik yang dapat mempengaruhi lemak dalam darah dan bagaimana metabolismenya dalam tubuh. 

Lalu, Apa Penyebab Kolesterol Anda Tinggi?
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakuka evaluasi diet dan gaya hidup anda. Catat kebiasaan makanan anda dan juga gaya hidup anda, apakah anda mengkonsumsi makanan yang dapat mendongkrak kadar kolesterol dalam darah, ataukah gaya hidup anda yang kurang tepat. Apabila diet dan gaya hidup anda rasa bukan penyebab kolesterol tinggi yang Anda alami, segera hubungi dokter Anda untuk melakukan konsultasi guna mencari sebab lain yang mungkin ada. (Sumber : Pesan Lab)

Baca juga :

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »