Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Tes Darah Pada Hati

Posted by On 4:05 AM


Apa fungsi dasar hati?

Hati terletak di bagian atas kanan rongga perut tepat di bawah tulang rusuk. Hati memiliki banyak fungsi yang vital bagi kehidupan. Secara singkat, beberapa fungsi penting dari hati manusia:
  • Detoksifikasi darah
  • Produksi faktor penting pembekuan, albumin, dan banyak protein penting lainnya
  • Metabolisme (pengolahan) obat dan nutrisi
  • Pengolahan produk limbah dari hemoglobin dan sel-sel lain
  • Menyimpan vitamin, lemak, kolesterol, dan empedu
  • Produksi glukosa (glukoneogenesis atau sintesis glukosa / release selama kelaparan)

Apa fungsi umum tes hati darah?



http://tyaraputeri.blogspot.co.id
Tes darah hati adalah beberapa tes darah yang paling umum dilakukan. Tes ini dapat digunakan untuk menilai fungsi hati atau luka hati. Langkah awal dalam mendeteksi kerusakan hati adalah tes darah sederhana untuk menentukan tingkat enzim hati tertentu (protein) dalam darah. Dalam keadaan normal, enzim ini sebagian besar berada di dalam sel-sel hati. Tapi bila hati terluka untuk alasan apapun, enzim ini tumpah ke dalam aliran darah. Enzim adalah protein yang hadir di seluruh tubuh, masing-masing dengan fungsi yang unik. Enzim membantu untuk mempercepat (mengkatalisis) rutin dan reaksi kimia penting dalam tubuh.

Di antara enzim hati yang paling sensitif dan banyak digunakan adalah aminotransferase. Mereka termasuk aminotransferase aspartat (AST atau SGOT) dan alanin aminotransferase (ALT atau SGPT). Enzim ini biasanya didominasi terkandung dalam sel-sel hati dan untuk tingkat yang lebih rendah dalam sel-sel otot. Jika hati terluka atau rusak, sel-sel hati menumpahkan enzim ini ke dalam darah, meningkatkan AST dan enzim ALT tingkat darah dan sinyal penyakit hati.

Tes darah lainnya yang berkaitan dengan hati yang pengukuran dari beberapa enzim lain yang ditemukan hati. Selain AST dan ALT, alkali fosfatase, 5 'nucleotidase, dan gamma-glutamyl transpeptidase (GGT) adalah beberapa enzim lain yang terletak di hati. Fokus dari artikel ini adalah terutama pada yang paling umum enzim hati, AST dan ALT.

Apa enzim aminotransferases (ALT, AST)?

Enzim aminotransferase mengkatalisasi reaksi kimia di mana gugus amino dari satu asam amino (asam amino adalah blok bangunan protein) ditransfer dari molekul donor ke molekul penerima, maka, nama "aminotransferase."

Istilah medis kadang-kadang dapat membingungkan, seperti halnya dengan enzim ini karena mereka memiliki nama dipertukarkan yang biasanya muncul di kedua artikel medis dan non-medis. Sebagai contoh:
  • Nama lain untuk aminotransferase adalah transaminase.
  • Enzim aspartat aminotransferase (AST) juga dikenal sebagai serum transaminase oksaloasetat glutamat (SGOT).
  • Alanine aminotransferase (ALT) juga dikenal sebagai serum glutamic piruvat transaminase (SGPT).
Untuk menempatkan hal-hal singkat, AST = SGOT dan ALT = SGPT; mereka adalah enzim yang diproduksi oleh hati, dan jenis-jenis sel.

Biasanya, di mana AST dan ALT (enzim aminotransferase)?

AST (SGOT) biasanya ditemukan dalam berbagai jaringan termasuk hati, jantung, otot, ginjal, dan otak. Hal ini dilepaskan ke serum ketika salah satu dari jaringan-jaringan ini rusak. Misalnya, tingkat AST dalam serum meningkat pada serangan jantung atau dengan cedera otot. Oleh karena itu, bukan merupakan indikator yang sangat spesifik dari luka hati sebagai elevasi dapat terjadi sebagai akibat dari jaringan yang terluka lainnya.

ALT (SGPT) adalah, sebaliknya, biasanya ditemukan sebagian besar di hati. Ini bukan untuk mengatakan bahwa itu eksklusif terletak di hati, tapi itu di mana paling terkonsentrasi. Dilepaskan ke dalam aliran darah sebagai akibat dari luka hati. Dengan demikian, ia berfungsi sebagai indikator yang cukup spesifik status hati.


Berapa nilai normal AST dan ALT?

  • Rentang normal nilai untuk AST (SGOT) adalah sekitar 5 sampai 40 unit per liter serum (bagian cair dari darah).
  • Rentang normal nilai untuk ALT (SGPT) adalah sekitar 7 sampai 56 unit per liter serum.
Namun, rentang angka SGOT dan SGPT mungkin sedikit berbeda tergantung pada teknik dan protokol yang digunakan oleh laboratorium yang berbeda di seluruh dunia. Namun, rentang referensi yang normal secara rutin disediakan oleh masing-masing laboratorium dan dicetak dengan laporan individu masing-masing pasien.



Sumber : 
MedicineNet. 2016. Liver Blood Tests. Diakses tanggal 13 Agustus 2016. Link ; http://www.medicinenet.com/liver_blood_tests/index.htm

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »