Langkah-langkah Efektif untuk Mencegah Kanker Serviks

Table of Contents

 

Langkah-langkah Efektif untuk Mencegah Kanker Serviks

INFOLABMED.COMKanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh kaum wanita. Itulah sebabnya kesadaran akan cara mencegah kanker serviks perlu ditingkatkan sejak dini agar dapat meningkatkan keberlangsungan hidup penderita.

Perlu diketahui bahwa setiap wanita sebenarnya memiliki risiko terkena kanker serviks. 

Namun jangan khawatir, penyakit ini dapat dicegah dan dideteksi sejak dini. 

Mari simak informasi mengenai beberapa cara mencegah kanker serviks di bawah ini.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Berdasarkan data dari WHO, kanker serviks menduduki peringkat keempat sebagai kanker yang paling sering dialami oleh wanita di seluruh dunia. 

Itulah alasannya mengapa setiap wanita disarankan untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan rahimnya dengan baik, salah satunya dengan rutin melakukan skrining kanker serviks dan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa cara mencegah kanker serviks yang perlu diperhatikan oleh setiap wanita.

Melakukan Hubungan Seksual dengan Aman

HPV (Human Papillomavirus) adalah jenis virus yang dapat menyebar atau ditularkan melalui aktivitas seksual yang tidak aman. 

Karenanya, usahakan untuk selalu melakukan hubungan seksual secara aman, salah satunya adalah dengan menggunakan kondom.

Di samping itu, risiko terjadinya kanker serviks juga bisa semakin meningkat ketika seseorang melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan. 

Maka dari itu, hindari bergonta-ganti pasangan seksual untuk mengurangi risiko dari ancaman kanker serviks.

Selain dari hubungan seksual dengan penetrasi, virus HPV juga bisa menular melalui aktivitas seks tanpa penetrasi seperti seks oral, hubungan seksual secara anal, atau aktivitas seksual dengan bantuan alat bantu seks (sex toys). 

Jadi, lebih baik lakukan aktivitas seksual yang aman dan tidak bergonta-ganti pasangan.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok juga menjadi salah satu cara mencegah kanker serviks. 

Pasalnya, rokok mengandung racun yang bersifat oksidatif dan dapat menurunkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih rentan terkena infeksi virus HPV.

Selain merokok, sebaiknya hindari juga terkena paparan asap rokok. Pasalnya, risiko kanker serviks juga meningkat pada perokok pasif. 

Tidak hanya dari rokok, namun asap yang dihasilkan oleh rokok juga mengandung zat beracun yang dapat melemahkan sistem imun tubuh.

Selain melemahkan sistem imun tubuh, racun dari rokok juga dapat merusak DNA yang dapat memicu perkembangan sel menjadi sel kanker.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara mencegah kanker serviks berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu mencegah kanker serviks, di antaranya:

  • Makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan mineral (asam folat dan kalsium), misalnya wortel, jeruk, tuna, hati, dan produk olahan susu.
  • Makanan yang mengandung vitamin B dan asam folat, seperti brokoli, kubis, dan kembang kol.
  • Makanan kaya antioksidan, seperti buah cherry, blueberry, dan ikan salmon.
  • Makanan yang mengandung polifenol dan flavonoid, misalnya teh hijau, minyak zaitun, cokelat, anggur merah, tomat, kenari, paprika hijau, dan blackberry.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Tidak hanya memperbanyak asupan makanan pencegah kanker serviks, menerapkan pola hidup sehat juga tak kalah penting. 

Pola hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker serviks adalah berolahraga secara rutin dan mengelola stres.

Menjaga Kebersihan Vagina

Cara mencegah kanker serviks yang penting untuk diterapkan sehari-hari adalah menjaga kebersihan vagina, terutama bagi wanita yang sedang menstruasi atau keputihan. 

Beberapa cara yang bisa diterapkan dalam menjaga kebersihan vagina antara lain:

  • Membasuh vagina dengan air bersih setelah buang air kecil atau besar.
  • Menghindari penggunaan sabun untuk membersihkan vagina.
  • Mengeringkan vagina segera setelah dibersihkan.
  • Menggunakan pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat dan tidak ketat.

Rutin Menjalani Pemeriksaan Pap Smear

Pap smear kanker serviks adalah metode pemeriksaan dini kanker serviks dengan cara mendeteksi sel-sel di leher rahim yang berpotensi menjadi kanker sehingga bisa dilakukan penanganan lebih awal sebelum berkembang lebih lanjut.

 Pap smear dianjurkan bagi seluruh wanita yang pernah atau aktif melakukan hubungan seksual.

Menurut ACOG, pencegahan kanker serviks dengan pemeriksaan pap smear secara rutin setiap 3 tahun sekali bisa dimulai sejak usia 21 tahun, baik yang sudah aktif berhubungan seksual maupun belum.

 Bagi wanita yang sudah berusia di atas 30 tahun, sebaiknya pemeriksaan pap smear juga disertai dengan tes HPV yang dapat dilakukan setiap 5 tahun sekali.

Dokter juga dapat merekomendasikan pemeriksaan pap smear dilakukan setiap 1–2 tahun sekali jika wanita aktif secara seksual.

Melakukan Vaksinasi HPV

Utamanya, penyebab kanker serviks adalah infeksi virus HPV. Itulah sebabnya, penting bagi setiap wanita untuk mendapatkan vaksin HPV, yakni vaksin untuk mencegah kanker serviks. 

Vaksin ini bisa mulai diberikan pada usia 9–26 tahun.

 Namun, vaksinasi ini akan lebih efektif jika diberikan sebelum melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya.

Jika hendak dilakukan vaksinasi HPV untuk wanita yang sudah pernah atau aktif berhubungan seksual, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu karena kanker serviks mungkin saja sudah berkembang namun tidak menimbulkan gejala. 

Vaksin HPV tidak lagi efektif jika wanita sudah terkena kanker serviks.

Vaksinasi HPV umumnya dilakukan sebanyak tiga kali dalam kurun waktu 6 bulan, tepatnya bulan ke 1, 2 dan 6. 

Tidak hanya sebagai langkah pencegahan kanker serviks, vaksin HPV juga efektif diberikan pada seseorang yang sudah terjangkit virus HPV. Dengan begitu, risiko pra-kanker dapat diminimalkan.

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Untuk nasihat atau diagnosis medis, konsultasikan dengan profesional.*

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment