Kontroversi Susu UHT di Minimarket: Haruskah Susu Disimpan di Kulkas? Begini Menurut Dokter Ahli Gizi

Table of Contents

 

Kontroversi Susu UHT di Minimarket Haruskah Susu Disimpan di Kulkas Begini Menurut Dokter Ahli Gizi

INFOLABMED.COMJakarta, 10 Juli 2024 - Sebuah video viral menunjukkan seorang ibu yang meminta pengembalian uang di sebuah minimarket karena susu UHT yang dibelinya tidak dalam kondisi dingin. 

Wanita tersebut menegaskan bahwa susu UHT seharusnya dingin, sebagaimana susu kecil yang pernah ia beli sebelumnya.

Dalam video yang beredar pada Selasa (9/7/2024), ibu tersebut tampak memegang susu UHT berukuran satu liter. 

"Kalau nggak dingin saya minta uang kembali. Susu itu harusnya dingin, karena saya ada order susu yang kecil itu dikasih dingin. Saya nggak peduli dan saya udah telat," ujarnya dengan nada tegas.

Tindakan ibu tersebut menuai berbagai reaksi dari warganet. Banyak yang menyesalkan tindakannya dan memberikan saran agar susu UHT tersebut disimpan saja di kulkas rumah. 

Salah satu komentar yang ramai diperbincangkan datang dari akun @min* yang mengatakan, "Masukin aja ke kulkasnya di rumah bu. Barang yg sudah dibeli tidak bisa dituker/dikembalikan lagi ngerti ga sih?"

Susu UHT (Ultra High Temperature) dan susu pasteurisasi memang memiliki perbedaan dalam penyimpanan. 

Pengguna Twitter dengan akun @Oni* menjelaskan bahwa susu UHT tidak perlu dimasukkan ke kulkas karena proses pemanasan suhu tinggi sudah membunuh bakteri patogen. 

Berbeda dengan susu pasteurisasi yang harus disimpan di lemari pendingin karena pemanasan menggunakan suhu rendah, sehingga bakteri patogen masih ada.

Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, memberikan penjelasan mengenai keamanan susu UHT yang disimpan pada suhu ruang. 

"Susu UHT ini sudah melewati proses yang disebut dengan sterilisasi, jadi untuk kondisi masih tertutup segel, ya itu sebetulnya masih aman disimpan di suhu ruangan," tegasnya saat dihubungi detikcom pada Rabu (10/7).

Dr. Putri juga menambahkan bahwa susu UHT yang sudah terbuka harus segera dihabiskan dalam 3-4 hari dan disimpan di kulkas.

 "Kalau terbuka dia harus segera dihabiskan dalam 3-4 hari dalam kulkas. Selama belum dibuka, harusnya kandungan nutrisinya masih terjaga dengan baik, kecuali kalau sudah dibuka, maka dia harus segera masuk ke dalam kulkas," pungkasnya.

Dengan demikian, warganet diingatkan untuk memahami perbedaan antara susu UHT dan susu pasteurisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman seperti yang dialami ibu dalam video tersebut.

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Untuk nasihat atau diagnosis medis, konsultasikan dengan profesional.

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment