Memahami Warna dan Fungsi Tabung Darah: Panduan Lengkap untuk Praktisi Medis

Table of Contents

 

Memahami Warna dan Fungsi Tabung Darah Panduan Lengkap untuk Praktisi Medis
Foto : hmdhealthcare.com

INFOLABMED.COM - Diciptakan oleh Joseph Kleiner dan Becton Dickinson pada tahun 1949, tabung koleksi darah vakum adalah tabung uji steril yang terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk mengumpulkan spesimen darah. 

Tabung ini memiliki tutup karet berwarna yang menciptakan segel vakum di dalam tabung, memungkinkan volume cairan yang telah ditentukan untuk diambil. 

Tabung koleksi darah mungkin mengandung bahan tambahan untuk menstabilkan dan menjaga sampel darah sebelum pengujian analitis.

Setiap tabung koleksi darah vakum ditutup dengan penutup plastik atau karet yang berwarna. 

Warna ini membantu menunjukkan jenis bahan tambahan dalam tabung. 

Bahan tambahan termasuk zat kimia seperti antikoagulan yang menjaga darah agar tetap layak untuk diproses di laboratorium. 

Beberapa tabung juga mengandung gel yang memiliki kepadatan antara sel darah dan serum. 

Ketika tabung berisi gel ini disentrifugasi, sel darah akan tenggelam ke dasar dan serum – dipisahkan oleh lapisan gel – akan terkumpul di atas. 

Tabung koleksi darah yang tidak mengandung gel atau agen pembekuan, di sisi lain, digunakan ketika plasma, bukan serum, diperlukan untuk analisis laboratorium.

Setiap bahan tambahan memiliki fungsi spesifik dan dipilih sesuai dengan tes laboratorium yang akan dilakukan.

 Indikator warna pada tabung membantu phlebotomist mengidentifikasi tabung mana yang harus diambil darahnya sesuai dengan tes yang direkomendasikan. 

Karena tabung koleksi darah dan tes terkait, menggunakan tabung dengan warna yang salah dapat membuat sampel darah tidak dapat digunakan untuk tes yang dimaksudkan.

Kode Warna

Ada protokol standar untuk kode warna pada tabung koleksi darah yang diterapkan secara universal di bidang medis.

 Berikut adalah tabel komprehensif yang menjelaskan kode warna, bahan tambahan yang ditunjukkan, dan untuk apa mereka digunakan.

Kode WarnaTabung KoleksiInversi untuk Mencampur
KuningTabung kultur darah yang digunakan untuk mendeteksi adanya bakteri atau ragi dalam darah guna mengidentifikasi mikroorganisme yang ada dan membantu mendapatkan pengobatan yang tepat.8-10 kali
BiruTabung PT/PTT/Tabung sitrat yang dirancang sesuai dengan proporsi 1:9 sampel darah dan antikoagulan. Karena rendahnya toksisitas buffer natrium sitrat, periode penyimpanan darah dapat diperpanjang.3-4 kali
MerahTabung non-aditif + BCA yang digunakan untuk pengumpulan dan penyimpanan darah untuk tes biokimia, serologi, dan imunologi. Menyediakan spesimen serum yang tidak terkontaminasi untuk tes klinis dan menjaga serum stabil untuk periode pemeriksaan yang diperpanjang.5 kali
Kuning TuaTabung GEL + BCA ideal untuk biokimia klinis dan imunologi. Gel pemisah dapat memisahkan serum dari fibrin dan sel setelah sentrifugasi. Juga mencegah pertukaran zat antara sel darah dan serum, menjaga karakteristik biokimia dan komponen kimia serum stabil untuk waktu yang lama.5 kali
HijauTabung Heparin digunakan untuk pengumpulan darah dan antikoagulasi untuk tes klinis rutin, tes darurat, dan beberapa item tes dalam reologi darah. Tabung dilapisi dengan lithium heparin (atau natrium heparin sesuai permintaan).8-10 kali
UnguTabung EDTA banyak digunakan untuk hematologi klinis dan berbagai jenis instrumen tes sel darah. Mengandung EDTA K3/K2 sebagai antikoagulan.8-10 kali
Abu-abuTabung glukosa atau tabung oksalat digunakan untuk mengumpulkan sampel darah untuk gula darah, toleransi gula, elektroforesis sel darah merah, determinasi Hd yang resisten alkali, dan pembubaran gula. Lithium lodo Asetat/Natrium Flouride digunakan sebagai antikoagulan.8-10 kali
HitamTabung ESR digunakan untuk pengumpulan darah dan antikoagulasi untuk tes laju sedimentasi. Mengandung larutan trisodium sitrat 3,8% yang dapar (0,129 mol/l dengan rasio pencampuran 1 bagian larutan sitrat ke 4 bagian darah. Pengukuran ESR dilakukan sesuai metode Westergen.3-4 kali

Tabung koleksi darah ada untuk tujuan yang lebih spesifik; namun, yang disebutkan di atas adalah yang paling umum digunakan.

 Aman, nyaman, dan mudah digunakan, tabung darah vakum menawarkan beberapa manfaat seperti memfasilitasi pengambilan darah multi-tabung, sambil mengurangi kemungkinan hemolisis. 

Akibatnya, mereka banyak digunakan dalam flebotomi di negara maju maupun berkembang di seluruh dunia. 

HMD, nama terkenal di industri kesehatan, menawarkan tabung Vaku-8 yang membantu dalam mengumpulkan darah langsung ke dalam tabung selama prosedur venepuncture. 

Tabung vakum melindungi phlebotomist dari risiko paparan darah yang berisiko, sehingga memastikan keselamatan mereka.

Informasi ini hanya untuk tujuan informasi. Untuk nasihat atau diagnosis medis, konsultasikan dengan profesional.*

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment