Manfaat Daun Sambung Nyawa yang Luar Biasa

Table of Contents

 


Bingung cari obat kanket

*INFOLABMED.COM* Daun sambung nyawa atau sering disebut daun dewa dipercaya dapat mengobati kanker payudara, leukimia dan kanker rahim.


Tanaman daun sambung nyawa dengan nama latin Gynura procumbens banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Thailand.


Berdasarkan penelitian pada tahun 2016 sebagaimana terdapat dalam jurnal Frontiers in Pharmocology, terdapat zat yang dapat melawan kanker.


Ekstrak etanol yang terdapat dalam daun sambung nyawa terbikti dapat menghambat siklus sel kanker, menghambat pembentukan sel kanker dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah menuju kanker


Bukan itu saja. Penelitian juga menginformasikan bahwa daun sambung nyawa dapat mengobati tekanan darah tinggi ( hipertensi) yaitu dengan cara mencegah aktivitas Angioensin Converting Enzyme (ACE).


Angiotensin Converting Enzyme (ACE) adalah enzim yang mengatur tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Dengan teratasinya hipertensi akan dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.


Daun sambung nyawa juga dapat mengobati berbagai penyakit lainnya, seperti:


1. Meredakan peradangan

Daun sambung nyawa mengandung etanol, steroid, flavonoid dan kaempferol yang terdapat dalam ekstrak daun sambung nyawa memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus.


Oleh karenanya daun sambung nyawa dipercaya dapat mengatasi peradangan seperti rematik dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.


2. Mengobati diabetes dan mengatasi kemandulan

Ekstrak daun sambung nyawa dapat menurunkan kadar gula darah. 


Daun ini juga dapat mengatasi kemandulan akibat diabetes, dengan cara meningkatkan jumlah pergerakan dan kualitas sperma serta mengurangi jumlah sel sperma yang mati.


3. Mengatasi gangguan pencernaan

Ekstrak daun sambung nyawa dapat meredakan luka pada lambung dan usus yang bisa menyebabkan pendarahan pada saluran pencernaan.


Ekstrak daun sambung nyawa dapat mencegah terbentuknya tukak lambung dan melindungi lapisan dalam lambung.


4. Melawan kuman penyebab infeksi

Daun sambung nyawa dapat melawan kuman penyebab penyakit. Dan ini sudah banyak penelitiannya.


Daun sambung nyawa juga mencegah pertumbuhan plasmodium penyebab malaria.


Daun sambung nyawa merupakan penghambat aktivitas virus penyebab herpes simpleks; bakteri penyebab infeksi, seperti Bacillus Cereus, pseudomonas airuginosa, vibrio chelorae, dan salmonella typhi; Serta menghambat  berkembangnya jamur penyebab kurap seperti Candida Albicans dan aspergillus  niger.


5. Mencegah penyakit ginjal

Ekstrak daun sambung nyawa dapat mencegah pembelahan sel dan sintetis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal


Cara membuat daun sambung nyawa untuk atasi hipertensi:

1. Cuci bersih daun sambung nyawa

2. Rebus air sebanyak 3 gelas hingga mendidih, kecilkan api lalu masukkan daun sambung nyawa dan rebus selama 10 menit hingga tersisa 2 gelas.

3. Matikan api dan saring

4. Konsumsi ramuan dua kali sehari, lagi dan sore masing-masing satu gelas.


Cara lain mengonsumsi daun sambung nyawa.


Daun sambung nyawa dapat dimakan dalam keadaan mentah sebagai lalapan atau mengolahnya menjadi lauk.


Jika ingin mengonsumsi daun sambung nyawa dalam bentuk suplemen maka pastikan ada izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu konsumsi sesuai dengan aturan yang terdapat dalam kemasan.***

Post a Comment