Bawang Putih, Kandungan dan Manfaatnya

Table of Contents

 

Bawang Putih, Kandungan dan Manfaatnya
Manfaat Bawang Putih Bukan Hanya Untuk Manusia Saja

INFOLABMED.COM -  Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu yang harus ada di dapur masyarakat Indonesia.

Namun sepertinya perlu menyiapkan stok bawang putih bukan hanya untuk alasan bumbu dapur saja. Tapi untuk keperluan kesehatan.

Bawang putih mengandung Alliin, sebuah sulfur yang belum aktif. Namun ketika bawang putih dihancurkan atau dipoting, maka senyawa Alliin akan berubah menjadi Allicin, senyawa aktif yang menyebabkan bawang putih mengeluarkan aroma khas dan pedas.

Bagi mereka mengeluhkan tekanan darahnya dan kolesterolnya tinggi, mengonsumsi bawang putih merupakan pilihan tepat.

Karena senyawa Allicin yang terkandung dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Sehingga bawang putih baik untuk mencegah penyakit jantung.

Selain menurunkan tekanan darah dan kolesterol, senyawa Allicin merupakan anti bakteri dan juga anti virus.

Karena kandungan Allicin yang berfungsi anti bakteri dan anti virus, bawang putih dapat menjadi obat untuk flu, pilek, batuk juga sebagai obat alami sakit tenggorokan. Bawang putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dianjurkan bawang putih yang dikonsumsi adalah dalam keadaan mentah. Konsumsilah setiap haru 1-2 siung bawang putih, jangan lebih dari 3 siung. Bisa juga dimakan bersama madu atau difermentasikan terlebih dahulu. 

Perlu Diperhatikan

Perlu diingat, bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan juga baru sehabis operasi, DILARANG mengobsumsi bawang putih. 

Mengonsumsi bawang putih, termasuk suplemennya dapat menyebabkan pendarahan. Karena bawang putih memiliki sifat antitrombotik (mengencerkan darah)

Tahukah teman, bawang putih tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja? Tapi juga bermanfaat untuk ikan koi.

Kandungan Allicin dalam bawang putih berfungsi untuk menjaga kebersihan kolam ikan koi. Juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol ikan koi.

Sehingga kondisi ini, ikan koi akan lebih tahan dari serangan virus KVH dan aeromonas serta berbagai penyakit lainnya.***

Post a Comment