Waspada Makanan Junk Food

Table of Contents
Waspada Makanan Junk Food

INFOLABMED.COM - Gaya hidup remaja saat ini -termasuk dalam hal makanan- memang perlu diwaspadai. Makanan yang masuk kategori junk food salah satunya.

Junk food adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang kandungan kalori, lemak, gula, garamnya tinggi, tetapi kandungan vitamin dan seratnya rendah.

Diantara contoh junk food adalah permen, coklat, es krim, donat, kentang goreng, minuman soda, keripik, hamburger, pizza, ayam goreng.

Umumnya makanan junk food mengandung lemak jenuh dan dapat menimbulkan obesitas.

Junk food juga dapat memicu tekanan darah tinggi apabila kadar garam yang terkandung di dalamnya melebihi yang dibutuhkan tubuh.

 Selain mengandung kadar garam yang tinggi, makanan yang mengandung kadar gula tinggi juga termasuk kategori junk food.

 Akibat yang ditimbulkan dari mengonsumsi junk food yang mengandung kadar gula yang tinggi adalah kerusakan pada gigi dan diabetes.

Bahkan bukan itu saja. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Southern California mengungkapkan bahwa remaja yang gemar mengonsumsi junk food yang tinggi lemak dan gula dapat mengalami kerusakan otak. Khususnya gangguan memori.

Para peneliti di universitas itu memberikan makanan tinggi lemak pada tikus. Lalu tikus itu menjalani serangkaian tes memori dan melacak tingkat neurotransmitter liang berhubungan dengan memori dan pembelajaran

"Dalam beberapa penelitian terbaru, jika tikus-tikus ini tumbuh dengan pola makan junk food, maka mereka akan mengalami gangguan ingatan yang tidak kunjung hilang," jelas Scott; Professor ilmu Biologi di USC Dornsife College of Letters , Arts and Sciences

Untuk itu disarankan agar mengimbangi dan mengganti makanan junk food dengan mengonsumsi aneka buah-buahan sayuran dan kacang-kacangan.***

Sumber: berbagai sumber

Image: dapurumami.com

Post a Comment