Uji TIBC Menjadi Salah Satu Kunci Penting dalam Identifikasi Kondisi Hematologi

Table of Contents

 

Uji TIBC Menjadi Salah Satu Kunci Penting dalam Identifikasi Kondisi Hematologi

INFOLABMED.COM - Uji TIBC (Total Iron-Binding Capacity) merupakan salah satu dari beberapa tes yang dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan untuk mendiagnosis kondisi yang berkaitan dengan zat besi, seperti anemia dan hemokromatosis. Hasilnya sering dibandingkan dengan hasil tes darah zat besi dan ferritin.

Apa Itu Uji TIBC (Total Iron-Binding Capacity)?

Uji TIBC (Total Iron-Binding Capacity) adalah tes darah yang mengukur kemampuan darah Anda untuk menempel (mengikat) zat besi dan membawanya ke seluruh tubuh Anda.

 Penyedia layanan kesehatan menggunakannya untuk membantu mendiagnosis anemia kekurangan zat besi dan kondisi metabolisme zat besi lainnya.

Secara lebih khusus, uji TIBC menunjukkan jumlah transferrin dalam darah Anda. Transferrin adalah protein yang dibuat oleh hati Anda yang mengatur penyerapan zat besi ke dalam darah Anda.

Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat sel darah merah yang sehat. Sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru Anda ke bagian tubuh lainnya. 

Zat besi juga penting untuk otot yang sehat, sumsum tulang, dan fungsi organ.

Apakah TIBC sama dengan ferritin?

TIBC dan ferritin adalah tes yang terkait, tetapi berbeda.

Tes ferritin mengukur tingkat ferritin — sebuah protein yang menyimpan zat besi di dalam sel-sel Anda. 

Sementara uji TIBC mengukur bagaimana tubuh Anda mengangkut zat besi melalui transferrin, tes ferritin mengukur berapa banyak zat besi yang disimpan tubuh Anda. 

Ferritin adalah penanda yang lebih baik untuk menilai kekurangan zat besi.

Kapan Saya Memerlukan Uji TIBC?

Penyedia layanan kesehatan biasanya memesan uji TIBC untuk mendiagnosis kondisi yang berkaitan dengan masalah zat besi. 

Anda mungkin memiliki terlalu sedikit zat besi dalam tubuh (anemia kekurangan zat besi) atau terlalu banyak (hemokromatosis).

Uji TIBC sering menjadi bagian dari panel zat besi, yang juga dapat mencakup tes berikut:

  • Tes darah zat besi saat puasa.
  • Persentase saturasi transferrin atau saturasi zat besi.
  • Tes darah ferritin. Penyedia juga dapat menggunakan uji TIBC untuk memantau kondisi yang berkaitan dengan zat besi.

Detail Uji TIBC

Siapa yang Harus Melakukan Uji TIBC?

Penyedia layanan kesehatan yang disebut penarik darah biasanya melakukan pengambilan sampel darah. 

Mereka mengirim sampel ke laboratorium di mana seorang ilmuwan laboratorium medis menyiapkan sampel dan melakukan tes pada mesin yang dikenal sebagai analisis.

Bagaimana Cara Mempersiapan untuk Uji TIBC?

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meminta Anda untuk berpuasa (tidak makan atau minum apa pun kecuali air) dan menghindari suplemen zat besi selama 12 jam sebelum tes Anda. 

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara persiapan, bicarakan dengan penyedia Anda.

Apa yang Harus Saya Harapkan Selama Uji TIBC?

Anda dapat mengharapkan hal berikut selama pengambilan sampel darah:

  • Anda akan duduk di kursi dan penyedia layanan kesehatan akan memeriksa lengan Anda untuk mencari vena yang mudah diakses. Biasanya ini berada di bagian dalam lengan Anda di sisi lain dari siku Anda.
  • Setelah mereka menemukan vena, mereka akan membersihkan dan mensterilkan area tersebut.
  • Kemudian mereka akan memasukkan jarum kecil ke dalam vena Anda untuk mengambil sampel darah. Ini mungkin terasa seperti jepitan kecil.
  • Setelah mereka memasukkan jarum, sejumlah kecil darah akan terkumpul dalam tabung tes.
  • Setelah mereka memiliki cukup darah untuk diuji, mereka akan menarik jarum dan menekan bola kapas atau gaza di situs untuk menghentikan pendarahan.
  • Mereka akan menempatkan perban di atas situs, dan Anda selesai. Prosedur keseluruhan biasanya memakan waktu kurang dari lima menit.

Apa yang Harus Saya Harapkan Setelah Uji TIBC?

Setelah penyedia layanan kesehatan mengambil sampel darah Anda, mereka akan mengirimkannya ke laboratorium untuk diuji. Setelah hasil tes kembali, penyedia layanan kesehatan Anda akan membagikan hasilnya dengan Anda.

Apa Risiko dari Uji TIBC?

Tes darah adalah bagian yang sangat umum dan penting dari pengujian dan skrining medis. Risiko untuk melakukan tes darah sangat sedikit. 

Anda mungkin memiliki sedikit nyeri atau memar di tempat pengambilan sampel darah, tetapi ini biasanya segera hilang.

Hasil dan Tindak Lanjut Uji TIBC

Kapan Saya Harus Mengetahui Hasil Uji TIBC Saya?

Dalam kebanyakan kasus, Anda harus mendapatkan hasil uji TIBC Anda dalam satu atau dua hari, meskipun mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Apa Hasil Normal untuk Uji TIBC?

Laboratorium sering memiliki rentang referensi yang berbeda untuk hasil TIBC normal. Ketika Anda mendapatkan hasil tes darah Anda kembali, akan ada informasi yang menyatakan apa rentang referensi normal laboratorium tersebut.

Secara umum, rentang TIBC normal adalah 240 mikrogram per desiliter (mcg/dL) hingga 450 mcg/dL.

Penting untuk diketahui bahwa penyedia biasanya menggabungkan hasil TIBC dan tes lainnya, seperti tes darah zat besi dan ferritin, untuk membuat diagnosis.

Apa Artinya Jika TIBC Saya Rendah?

Jika Anda memiliki kadar TIBC rendah dan kadar zat besi dalam darah tinggi, bisa berarti Anda memiliki hemokromatosis (kelebihan zat besi). Tingkat TIBC rendah dan zat besi rendah bisa menjadi tanda kondisi tertentu, seperti:

  • Sirosis.
  • Radang kronis.
  • Infeksi.
  • Malnutrisi.
  • Sindrom nefrotik.

Apa Artinya Ferritin Rendah dan TIBC Tinggi?

Memiliki kadar ferritin rendah dan kadar TIBC tinggi biasanya berarti Anda menderita anemia kekurangan zat besi, bentuk anemia yang paling umum. 

Ini terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin, substansi dalam sel darah merah Anda yang memungkinkan mereka membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Haruskah Saya Khawatir Jika Hasil Uji TIBC Saya Tidak Normal?

Jika hasil uji TBC Anda tidak normal, itu tidak selalu berarti bahwa Anda memiliki kondisi medis. Faktor-faktor berikut dapat memengaruhi hasil Anda:

  • Transfusi darah baru-baru ini.
  • Fluorida.
  • Kontrasepsi oral.
  • Kloramfenikol (obat untuk infeksi mata).
  • Kesalahan dalam pengumpulan, pengiriman, atau pemrosesan tes. Jika Anda memiliki hasil yang abnormal, penyedia layanan kesehatan Anda akan membahasnya dengan Anda. Mereka akan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membuat diagnosis. Mereka mungkin memesan tes tambahan untuk melakukannya.

Melihat hasil tes yang tidak normal bisa membuat stres. Ketahuilah bahwa memiliki hasil TIBC yang tidak normal tidak selalu berarti Anda memiliki kondisi. 

Sekitar 1 dari 20 orang sehat akan memiliki hasil di luar rentang normal. Penyedia layanan kesehatan Anda akan membahas hasilnya dengan Anda dan bersama-sama Anda akan memutuskan langkah berikutnya. 

Berita baiknya adalah bahwa sebagian besar kondisi yang menyebabkan terlalu sedikit atau terlalu banyak zat besi dalam tubuh Anda dapat diobati.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment