Tes Protein Serum Total: Mengapa Penting bagi Kesehatan Anda?

Table of Contents

 

Tes Protein Serum Total: Mengapa Penting bagi Kesehatan Anda?

INFOLABMED.COM - Tes protein serum total adalah salah satu tes darah yang umum dilakukan untuk mengetahui jumlah total protein dalam darah serta kandungan dua kelompok protein utama, yaitu albumin dan globulin.

Tentang Tes Protein Serum Total

Tes protein serum total bertujuan untuk mengukur total protein dalam darah serta jumlah albumin dan globulin. Albumin merupakan protein utama yang diproduksi oleh hati.

Fungsinya antara lain menjaga agar darah tidak bocor dari pembuluh darah, membantu membawa beberapa obat dan zat lainnya melalui darah, serta penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan jaringan.

Sementara itu, globulin terdiri dari protein-protein yang berbeda, termasuk tipe alpha, beta, dan gamma. 

Beberapa globulin diproduksi oleh hati, sementara yang lain diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh. 

Globulin tertentu berikatan dengan hemoglobin, sementara yang lain membantu dalam transportasi logam, seperti zat besi, dalam darah dan membantu melawan infeksi.

Alasan Pelaksanaan Tes Protein Serum Total

Ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu menjalani tes protein serum total:

  1. Pemeriksaan Albumin: Untuk memeriksa fungsi hati dan ginjal, mengetahui apakah diet mengandung cukup protein, serta membantu menemukan penyebab pembengkakan pada pergelangan kaki atau perut.

  2. Pemeriksaan Globulin: Untuk mengetahui kemampuan tubuh dalam melawan infeksi, serta mendeteksi adanya penyakit darah langka, seperti multiple myeloma atau macroglobulinemia.

Persiapan dan Pelaksanaan Tes Protei Serum Total

Untuk menjalani tes ini, biasanya tidak diperlukan persiapan khusus kecuali jika dokter Anda memberi instruksi lain. Prosedur tes dilakukan dengan mengambil sampel darah dari lengan.

Hasil dan Interpretasi Pemeriksaan Protein Serum Total

Setiap laboratorium memiliki rentang nilai normal yang berbeda. Hasil tes Anda akan menunjukkan rentang yang digunakan oleh laboratorium Anda untuk setiap tes. 

Namun, dokter Anda akan mengevaluasi hasil berdasarkan usia, kondisi kesehatan, dan faktor lainnya.

Hasil yang di luar rentang normal mungkin menunjukkan beberapa kondisi, misalnya:

  • Nilai Tinggi: Kondisi seperti dehidrasi parah atau penyakit seperti leukemia atau penyakit hati.
  • Nilai Rendah: Masalah seperti malnutrisi, penyakit ginjal atau hati, atau kondisi medis lainnya seperti lupus atau diabetes tidak terkontrol.

Tes protein serum total adalah pemeriksaan penting untuk menilai kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Dengan memahami hasilnya, Anda dan dokter dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan Anda.***

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Post a Comment