Pewarnaan Sediaan Sitologi Ginekologi dan Non-Ginekologi Menurut Metode Papanicolaou

Table of Contents

 

Pewarnaan Sediaan Sitologi Ginekologi dan Non-Ginekologi Menurut Metode Papanicolaou
Hasil pewarnaan Papnicolaou. (Foto : Ethos Biosciences)

INFOLABMED.COM - Pada artikel kali ini, kami akan mengunggah kit siap pakai untuk melakukan pewarnaan sediaan sitologi ginekologi dan non-ginekologi dari Biognost.

Pewarnaan sediaan ini akan diwarnai dengan metode Papanicolaou yang merupakan sebuah solusi revolusioner yang memungkinkan pengolahan sampel lengkap dalam waktu singkat setelah pengambilan sampel. 

Prosedur pewarnaan sediaan sitologi ginekologi dan non-ginekologi dari Biognost ini telah disederhanakan dan dapat dilakukan dalam beberapa menit saja. 

Kit ini mengandung semua reagen yang diperlukan untuk pengolahan sampel, termasuk alkohol 95% sebagai fiksatif, air deionisasi, Hematoxylin HP, reagen pembiru nukleus, reagen OG-6, dan reagen EA 50, serta alkohol 100% untuk dehidrasi jaringan dan BioClear New (pengganti xilena) untuk pembersihan bagian. 

Selain itu, kit ini juga mengandung medium pengawet berindeks bias rendah dan viskositas sangat rendah (BioMount New) dalam kemasan praktis.

 Reagen-reagen tersebut ditempatkan dalam jar praktis dan sediaan dapat langsung direndam. 

Mereka ditempatkan sesuai dengan urutan penggunaan dalam kotak, yang mengurangi kemungkinan kontaminasi reagen selama proses pewarnaan. 

Kit ini juga dilengkapi dengan jar tambahan reagen pembiru yang digunakan setelah pewarnaan 50 sediaan. Kit ini cukup untuk mewarnai sekitar 100 sediaan.

Deskripsi Produk untuk Pewarnaan Papanicolaou

Kit delapan reagen (dalam 20 jar) untuk pewarnaan cepat progresif sampel sitologi ginekologi dan non-ginekologi. Mengandung medium tambahan untuk menutup bagian permanen. Kit ini berisi:

  • Histanol 95
  • Air deionisasi
  • Hematoxylin HP, Pap 1A
  • Reagen pembiru
  • OG-6 reagen, Pap 2A
  • EA 50 reagen, Pap 3B
  • Histanol 100
  • BioClear New
  • BioMount New Low

Persiapan Sediaan Sitologi untuk Pewarnaan Papnicolaou

Terdapat dua metode pengambilan dan persiapan sampel sitologi:

  1. Setelah mengambil sampel sitologi, letakkan pada slide mikroskop (VitroGnost), fiksasi segera dengan fiksatif dalam botol semprot (CitoSpray), keringkan, dan simpan hingga proses pewarnaan. Sampel sitologi dapat difiksasi dan disimpan hingga pewarnaan dengan merendam ke dalam larutan alkohol 95% (Histanol 95) selama minimal 30 menit.
  2. Menggunakan metode sitologi berbasis cair (LBC) dan kuas untuk mengambil sampel sitologi, fiksasi sampel segera (CitoFix, CitoFix dalam wadah transportasi) dengan melepas kepala kuas dan merendamnya dalam fiksatif. Pada awal pemrosesan sampel, isolasi sel dari fiksatif (salah satu metodenya adalah dengan melakukan sentrifugasi fiksatif) dan letakkan mereka pada slide mikroskop secara merata dalam satu lapisan. Sampel sitologi yang disiapkan dengan cara ini siap untuk diwarnai.

Prosedur Pewarnaan Sampel menggunakan Metode Papanicolaou

Jika sampel kering dan sebelumnya difiksasi menggunakan CitoSpray, perlu direndam dalam larutan alkohol 95% (Histanol 95) selama 10 menit untuk menghilangkan poliglikol.

Mulailah proses pewarnaan dari jar 1 yang berisi Histanol 95 dan lanjutkan hingga akhir (jar 19). Ganti air deionisasi secara berkala; ganti alkohol dan BioClear New (pengganti xilena) jika diperlukan.

Langkah Pewarnaan

  1. Perlakukan dengan alkohol 95% (Histanol 95)
  2. Perlakukan dengan alkohol 95% (Histanol 95) - 1 menit
  3. Bilas dengan air deionisasi - 10 kali celup
  4. Warnai menggunakan Hematoxylin HP, Pap 1A - 30 detik
  5. Bilas dengan air deionisasi - 10 kali celup
  6. Pembiruan nukleus dengan reagen pembiru - Ganti reagen pembiru yang baru (bagian dari kit) setelah setiap 50 sediaan - 1 menit
  7. Bilas dengan air deionisasi - 10 kali celup
  8. Perlakukan dengan alkohol 95% (Histanol 95) - 10 kali celup
  9. Warnai menggunakan OG-6, Pap 2B - 2 menit
  10. Bilas menggunakan alkohol 95% (Histanol 95) - 10 kali celup
  11. Bilas menggunakan alkohol 95% (Histanol 95)
  12. Perlakukan dengan EA50 reagen, Pap 3B - 4 menit
  13. Bilas menggunakan alkohol 95% (Histanol 95) - 10 kali celup
  14. Bilas menggunakan alkohol 95% (Histanol 95) - 10 kali celup
  15. Dehidrasi menggunakan alkohol 100% (Histanol 100) - 10 kali celup
  16. Dehidrasi menggunakan alkohol 100% (Histanol 100) - 10 kali celup
  17. Pembersihan bagian dengan BioClear New (pengganti xilena) - 10 kali celup
  18. Pembersihan bagian dengan BioClear New (pengganti xilena) - 10 kali celup
  19. Pembersihan bagian dengan BioClear New (pengganti xilena) - 10 kali celup

Setelah membersihkan, segera aplikasikan medium BioMount New yang sesuai untuk menutup / melapisi kaca penutup. Tutup bagian dengan kaca penutup VitroGnost.

Hasil Pewarnaan Papanicolaou

  • Nukleus -biru-ungu

  • Sel keratinisasi - kuning-jingga
  • Sel epitel skuamosa superfisial, eritrosit, nukleoli, silia - merah muda-merah
  • Sitoplasma dari semua jenis sel lainnya (sel skuamosa parabasal dan intermediat, sel kolomar, leukosit polimorfonuklir, limfosit, histiosit, adenokarsinoma, sel karsinoma yang tidak diferensiasi) - biru-hijau

Catatan

Periode waktu proses pewarnaan tidak sepenuhnya standar dan sekitar sesuai dengan pengalaman praktis klinis dan laboratorium.

 Intensitas pewarnaan tergantung pada periode perendaman dalam pewarna. 

Protokol pewarnaan nyata tergantung pada permintaan dan prioritas pribadi.

Persiapan Sampel dan Diagnostik

Gunakan hanya alat yang sesuai untuk mengambil dan mempersiapkan sampel. Proseskan sampel dengan teknologi modern dan tanda-tandai dengan jelas.

 Ikuti instruksi produsen untuk penanganan. Untuk menghindari kesalahan, prosedur pewarnaan dan diagnostik hanya boleh dilakukan oleh personel yang diotorisasi dan berkualifikasi. Gunakan hanya mikroskop sesuai dengan standar laboratorium diagnostik medis.

Keselamatan Kerja dan Perlindungan Lingkungan

Lakukan penanganan produk sesuai dengan pedoman keselamatan kerja dan perlindungan lingkungan. 

Larutan yang digunakan dan larutan kedaluwarsa harus dibuang sebagai limbah khusus sesuai dengan pedoman nasional. 

Bahan kimia yang digunakan dalam prosedur ini dapat membahayakan kesehatan manusia. Spesimen jaringan yang diuji berpotensi menular. 

Tindakan keamanan yang diperlukan untuk melindungi kesehatan manusia harus diambil sesuai dengan praktik laboratorium yang baik.

 Bertindak sesuai dengan tanda dan peringatan yang tercetak pada label produk, serta dalam lembar data keselamatan material BioGnost.

Penyimpanan, Stabilitas, dan Tanggal Kadaluwarsa

Simpan kit dalam kemasan asli yang tertutup rapat pada suhu antara +15°C dan +25°C. Simpan di tempat kering, jangan beku, dan hindari paparan langsung sinar matahari.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment