Menjadi Perawat Spesialis Klinis: Profesi Perawat Tingkat Lanjut yang Berkembang Pesat

Table of Contents

 

Menjadi Perawat Spesialis Klinis Profesi Perawat Tingkat Lanjut yang Berkembang Pesat
Foto : IntelyCare

INFOLABMED.COM - Perawat spesialis klinis adalah perawat terdaftar dengan praktik lanjutan yang memiliki gelar master atau doktor dalam bidang praktik keperawatan tertentu. 

Mereka tidak hanya menangani tugas keperawatan konvensional yang berfokus membantu pasien mencegah atau mengatasi penyakit, tetapi juga memiliki ruang lingkup praktik yang mencakup diagnosis dan penanganan penyakit, cedera, dan/atau disabilitas dalam bidang keahliannya.

Spesialisasi seorang perawat spesialis klinis bisa meliputi:

  • Kelompok usia (misalnya: pediatrik, geriatrik, kesehatan wanita)
  • Lingkungan kerja (misalnya: perawatan kritis, ruang gawat darurat)
  • Penyakit atau subspesialisasi medis (misalnya: diabetes, onkologi)
  • Jenis perawatan (misalnya: psikiatris, rehabilitasi)
  • Jenis masalah kesehatan (misalnya: nyeri, luka, stres)

Perawat spesialis klinis tidak hanya memberikan perawatan langsung kepada pasien, tetapi juga berperan sebagai konsultan ahli untuk perawat lainnya dan turut aktif dalam peningkatan sistem pemberian layanan kesehatan. 

Mereka sering bekerja di posisi manajemen dan dapat mengembangkan atau bekerja sama dengan tim untuk membuat kebijakan dan prosedur.

Perawat spesialis klinis juga dapat terlibat dalam penelitian, seperti menerjemahkan temuan penelitian ke dalam perawatan pasien, mengevaluasi proposal penelitian, mengawasi desain studi praktik berbasis bukti, menerapkan hasil penelitian ke praktik nyata, atau mengembangkan standar dan protokol baru berbasis bukti.

Peluang Kerja dan Gaji yang Menjanjikan

Permintaan perawat praktik lanjutan, seperti perawat spesialis klinis, diperkirakan akan tumbuh sebesar 31% antara tahun 2012 dan 2022.

 Menurut survei yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, perawat spesialis klinis sangat puas dengan pekerjaan mereka, dengan lebih dari 91% menyatakan kepuasan moderat atau sangat puas.

Gaji untuk perawat spesialis klinis berkisar antara $65.000 hingga lebih dari $110.000 tergantung pada spesialisasi dan lokasi geografis.

Persyaratan Pendidikan

Perawat spesialis klinis harus terlebih dahulu mendapatkan gelar Bachelor of Science (Sarjana Sains) dalam keperawatan dan lulus ujian lisensi untuk menjadi perawat terdaftar. 

Setelah itu, disarankan untuk bekerja selama beberapa tahun sebelum melamar ke program perawat spesialis klinis.

 Program pascasarjana ini biasanya memakan waktu sekitar dua tahun untuk diselesaikan.

 Sebagian besar program termasuk kursus klinis atau pelatihan praktikum dalam lingkungan yang relevan dengan spesialisasi siswa.

Anda akan lulus dengan gelar master dalam keperawatan dengan penekanan pada keperawatan klinis. 

Setelah menyelesaikan program perawat spesialis klinis, Anda dapat memperoleh sertifikasi melalui ujian dalam beberapa spesialisasi, termasuk:

  • Kesehatan dewasa
  • Kesehatan jiwa dan mental dewasa
  • Kesehatan jiwa dan mental anak/remaja
  • Gerontologi
  • Perawatan di rumah
  • Pediatrik
  • Kesehatan masyarakat/komunitas

Untuk bisa praktik, Anda mungkin perlu memiliki lisensi dari dewan lisensi negara bagian tempat Anda bekerja.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment